Kompas TV klik360 sinau

Cara Detox Media Sosial Supaya Kembali Produktif

Selasa, 15 Juni 2021 | 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terlalu banyak bermain media sosial ternyata bisa bikin cepat lelah loh! Apalagi kalau udah masuk tahap kecanduan, enggak cuma gangguan tidur, makan pun bisa terganggu. Gimana sih caranya mengurangi waktu penggunaan medsos? Berikut 5 cara yang bisa kamu ikuti. 

1. Jauhkan Gadget Dari Jangkauan
Kamu bisa gantikan waktu untuk bermain gadget dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya membaca buku atau melukis.

2. Buat Alarm
Perhatikan durasi kamu bermain media sosial. Psikolog menyarankan untuk bermain media sosial cukup 30 menit hingga 1 jam dalam sehari. Hayo, kamu main gadget berapa jam nih dalam sehari?

3. Matikan Notifikasi
Biasanya orang akan terpancing untuk membuka media sosial apabila telah melihat notifikasi. Jadi, lebih baik matikan notifikasinya, supaya tidak terpancing untuk membuka media soial. 

4. Hari Tanpa Media Sosial
Gunakan 1 hari dalam seminggu di mana kamu tidak membuka atau mengakses media sosial. Gunakan waktu yang ada untuk berkumpul dan bercengkrama dengan kerabat atau keluarga. 

5. Ganti Platform
Banyak aplikasi yang ditawarkan untuk gadget kau supaya lebih produktif. Misalnya membuat podcast atau konten video di YouTube.

Nah, ada banyak cara untuk kamu lebih produktif dan menghidari kecanduan media sosial. Siap memulai hidup lebih profuktif? 

Video Editor: Rengga Rinasti

Penulis : Edika ipelona

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:23
WALI KOTA BANDUNG ODED M DANIAL SEBUT BERDIAM DI RUMAH ADALAH BENTUK KURBAN SAAT PANDEMI COVID-19   HARI RAYA IDUL ADHA, PT TRANSJAKARTA BEROPERASI SAMPAI PUKUL 20.30 WIB   PEMPROV PAPUA AKAN MENUTUP AKSES MASUK KE PAPUA SELAMA AGUSTUS 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19 VARIAN DELTA   SEORANG ATLET SENAM PUTRI ASAL AMERIKA SERIKAT POSITIF COVID-19 DI KAMP PELATIHAN ATLET OLIMPIADE TOKYO 2020   DIRJEN WHO TEDROS GHEBREYESUS DIJADWALKAN AKAN KUNJUNGI JEPANG SELAMA PERHELATAN OLIMPIADE TOKYO 2020   KAISAR JEPANG NARUHITO AKAN HADIRI UPACARA PEMBUKAAN OLIMPIADE TOKYO 2020   BRUNEI LARANG PENERBANGAN DARI INDONESIA SETELAH TEMUKAN DELAPAN KASUS COVID-19 ASAL JAKARTA   KEMENPAREKRAF BEKERJA SAMA DENGAN KEMENDES-PDTT UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA   POLISI GAGALKAN PENYELUNDUPAN 67.000 BENIH LOBSTER KE SINGAPURA SENILAI RP 10 MILIAR DI PERAIRAN BANGKA BELITUNG   PRESIDEN JOKOWI AJAK SEMUA PIHAK BAHU-MEMBAHU BERSATU MELAWAN PANDEMI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI: JIKA TREN KASUS KORONA TERUS MENURUN, MAKA 26 JULI 2021 AKAN MELAKUKAN PEMBUKAAN SECARA BERTAHAP   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PPKM DARURAT DILAKUKAN UNTUK MENURUNKAN PENULARAN COVID-19 DAN TEKANAN BAGI RS   PRESIDEN JOKOWI: PPKM DARURAT ADALAH KEBIJAKAN YANG TIDAK BISA DIHINDARI   PEMERINTAH TETAPKAN PPKM DARURAT HINGGA 25 JULI 2021