Kompas TV internasional kompas dunia

Italia Putuskan Vaksin AstraZeneca Hanya untuk Usia 60 Tahun ke Atas

Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:25 WIB

KOMPAS.TV - Regulator obat dan makanan Italia merekomendasikan penggunaan vaksin covid-19 buatan AstraZeneca hanya untuk digunakan bagi warga lanjut usia di atas 60 tahun.

Warga Italia di bawah 60 tahun yang sudah mendapat vaksin AstraZeneca dosis pertama pun akan  mendapat vaksin Pfizer dan Moderna sebagai dosis keduanya.

Keputusan ini diambil pemerintah Italia setelah meninjau data terakhir kasus pembekuan darah langka pada orang yang menerima vaksin AstraZeneca.

Pembatasan penggunaan vaksin AstraZeneca dilakukan setelah jumlah kasus covid-19 menurun drastic dan setidaknya 45 persen populasi Italia telah menerima suntikan dosis pertama.

Negara lain seperti Perancis dan Kanada juga membuat rekomendasi serupa.

Sementara itu, Vaksin Covid-19 AstraZeneca batch CTMAV 547 yang sebelumnya ditangguhkan penggunaannya, kini sudah dapat digunakan kembali dalam program vaksinasi nasional.

Hal tersebut diputuskan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) setelah vaksin AstraZeneca CTMAV 547 selesai menjalani uji sterilitas dan uji toksisitas abnormal.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:31
WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN MINTA ULAMA JAGA UMAT DARI BAHAYA HOAKS   PPKM DARURAT, MUI: ULAMA DAN PENGURUS MASJID BISA ANJURKAN UMAT ISLAM IBADAH DI RUMAH   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: OKSIGEN SEPENUHNYA DIPERUNTUKKAN BAGI KEPERLUAN KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA KEPALA DAERAH CARI SOLUSI KEBUTUHAN OKSIGEN TERPENUHI   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA SEMUA KARYAWAN PERUSAHAAN PATUHI ATURAN PPKM DARURAT   INGATKAN PERUSAHAAN PATUHI PPKM DARURAT, SATGAS: PERUSAHAAN YANG MELANGGAR DICABUT IZINNYA   SATGAS SEBUT MASIH ADA WARGA DI BERBAGAI DAERAH YANG TAK PATUH DALAM PENERAPAN PROKES, SALAH SATUNYA MEMAKAI MASKER   SATGAS: 2.654 KELURAHAN CATATKAN ANGKA KEPATUHAN PAKAI MASKER KURANG DARI 60 PERSEN   KETUA SATGAS: KUNCI SUKSES PELAKSANAAN PPKM DARURAT DAN MIKRO ADALAH KEDISIPLINAN INDIVIDU TERAPKAN PROKES   MENKO PMK DORONG PEMDA DI ZONA AMAN COVID-19 TETAP MEMPRIORITASKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS    KEPALA KSP MOELDOKO IMBAU MASYARAKAT PATUHI ATURAN PPKM DARURAT DEMI TEKAN ANGKA LAJU PENULARAN COVID-19   KEPALA KSP MOELDOKO NILAI PPKM DARURAT BARU BISA DISEBUT BERHASIL JIKA BISA MENEKAN MOBILITAS WARGA 50 PERSEN   KEPALA KSP MOELDOKO SEBUT PPKM DARURAT SEJAUH INI BARU BISA MENGURANGI MOBILITAS MASYARAKAT 30 PERSEN   JUBIR SATGAS: JANGAN TERLENA, COVID-19 JUGA MENINGKAT SIGNIFIKAN DI LUAR JAWA-BALI