Kompas TV nasional update

Spesifikasi 8 Kapal dari Perusahaan Italia Fincantieri yang Dibeli Menhan Prabowo

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementeri Pertahanan menandatangani kontrak dengan perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri.

Dalam rilis resmi Fincantieri, ada delapan kapal perang yang disiapkan dalam kerja sama itu.

Fincantieri yang berpengalaman dalam pembuatan kapal sejak 1959 menyebut kesepakatan ini penting untuk memperkuat kerja sama kedua negara di kawasan pasifik.

Perusahaan itu akan menjadi kontraktor utama dalam program kerja sama ini.

Tidak menutup kemungkinan kerja sama ini terus berlanjut untuk bidang perkapalan dengan PT PAL di Indonesia.

Kapal yang akan didatangkan Indonesia adalah enam kapal kelas Fremm dan dua kapal kelas Maestrale.

Kapal Maestrale pernah dipakai angkatan laut Italia dan akan dilakukan modernisasi oleh Fincantieri.

Dalam rilisnya, CEO Fincantieri, Jiusepe Bono mengatakan kerja sama dengan Indonesia ini akan berdampak di kancah global dalam penyediaan di sektor kapal permukaan.

Di rilisnya, Fincantieri dan Kementerian Pertahanan Indonesia telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 6 frigat kelas Fremm, dan penjualan 2 Frigat kelas Maestrale.

Pesanan tersebut merupakan keberhasilan bagi Fincantieri dan negara itu yang memiliki 10 kapal Fremm.

Untuk kapal kelas Fremm dari dari Fincantieri, spesifikasinya antara lain memiliki panjang 140 meter dan lebar 20 meter.

Kapal ini mampu mengangkut hingga 108 kru.

Untuk persenjataan banyak yang disematkan di kapal perang kelas Fremm ini, antara lain sistem rudal untuk kemampuan pertahanan udara dan rudal anti skimming laut.

Selain itu kapal juga dilengkapi sistem senjata anti-kapal selam segala cuaca.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:10
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129