Kompas TV nasional kriminal

Pengakuan Preman di Tanjung Priok Bagaimana Proses Pungli Terjadi, Sehari Bisa Dapat 250 Ribu

Jumat, 11 Juni 2021 | 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Salah satu preman (SJ) yang melakukan pemalakan kepada sopir kontainer di Tanjung Priok menceritakan proses pungli tersebut.

SJ mengaku pungli dilakukan mulai dari pos 1 atau di pintu masuk kontainer. Setelah itu, sopir bertemu dengan security yang juga melakukan pungli sebesar Rp 2 ribu.

"Masuk lagi ke survei in. Di survei kontainer tersebut sopir memberikan uang 2 ribu rupiah. Terus masuk lagi ke tempat washing, sopir memberi lagi 2 ribu rupiah. Langsung dia menuju ke kerani, ngasih uang 5 ribu rupiah," ujar SJ.

Dari penjelasan SJ tersebut ada lima tahap pungli. SJ yang berada di bagian kerani trucking, dalam satu kali shift kerja, ia bisa mendapatkan Rp 250 ribu.

"Sekitar 250 ribu itu satu shift dari jam 7 sampai jam 3 sore. Nanti dibagi sama grup kerani di situ," lanjutnya.

SJ mengungkapkan jika pungli tersebut sudah terjadi sejak lama dan menjadi hal yang lumrah.

"Kebiasaan lama dan sopir juga udah ngerti. Jadi tidak perlu saya pinta juga mereka ngasih," kata SJ.

Kendati jadi kebiasaan, masih ada pula sopir yang enggan memberikan uang tersebut. Jika hal tersebut terjadi, SJ mengatakan maka pihak pelabuhan akan memperlambat proses angkut.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129