Kompas TV regional berita daerah

Presiden Jokowi Harap Bandara Jenderal Besar Soedirman Dapat Tingkatkan Perekonomian di Jateng

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 12:37 WIB
presiden-jokowi-harap-bandara-jenderal-besar-soedirman-dapat-tingkatkan-perekonomian-di-jateng
Presiden RI Joko Widodo (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Eddward S Kennedy

PURBALINGGA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokow) bersama Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja (Kunker) untuk meninjau Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021). 

"Pagi hari ini saya mengunjungi kabupaten purbalingga untuk melihat progres perkembangan pembangungan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Jumat. 

Jokowi berharap bandara yang memiliki landasan pacu (run way) 1.600x30 meter ini dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

Adapun daerah yang dimaksud yakni Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan daerah sekitar Purbalingga lainnya, termasuk Kebumen.

"Sehingga kita harapkan mobilitas orang, barang, logistik akan lebih baik akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan ini," jelas Jokowi. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga

Kendati terminal penumpang belum rampung, namun Jokowi puji Bandara Jenderal Besar Soedirman yang sudah mulai beroperasi dan okupansinya mencapai 70 persen.

"Meskipun terminalnya belum selesai tapi minggu yang lalu telah mulai dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink," ujar dia. 

Diketahui Bandara ini telah mulai beroperasi sejak 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersil perdananya pada 3 Juni 2021.

Jokowi menilai, pengoperasian yang telah dimulai meskipun pembangunan masih terus berjalan juga membuat bandara ini menjadi lebih produktif.

"Ini bagus, saya senang, meskipun terminalnya masih darurat, belum selesai tapi bandaranya sudah dipakai. Ini lebih produktif seperti itu daripada kita harus menunggu terminalnya selesai baru dilakukan penerbangan," tegas dia. 

Sebab itu dia menuturkan metode serupa dapat diterapkan dalam pembangunan bandara lainnya di Tanah Air.

Baca Juga: Keliling Jateng, Jokowi Tinjau Bandara Jenderal Besar Soedirman hingga Vaksinasi Massal Hari Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x