Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Penjelasan Mengapa Sebagian Orang Mengalami Efek Samping Setelah Vaksinasi Covid-19

Kamis, 10 Juni 2021 | 23:23 WIB
ini-penjelasan-mengapa-sebagian-orang-mengalami-efek-samping-setelah-vaksinasi-covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Mengapa beberapa orang mendapatkan efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19? berikut ini sedikit penjelasan yang dikutip dari Associated Press, Kamis, (10/06/2021) (Sumber: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

NEW YORK, KOMPAS. TV - Mengapa beberapa orang mendapatkan efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19? berikut ini sedikit penjelasan yang dikutip dari Associated Press, Kamis (10/6/2021).

Efek samping sementara seperti sakit kepala, kelelahan, pegal linu dan demam adalah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh meningkat, yang merupakan respons normal terhadap vaksin. Tenang, itu hal biasa.

“Sehari setelah mendapatkan vaksin ini, saya tidak akan merencanakan apapun yang merupakan aktivitas fisik yang berat,” kata Dr Peter Marks, kepala vaksin FDA Amerika Serikat, atau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, yang mengalami kelelahan setelah suntikan dosis pertamanya.

Inilah yang terjadi setelah vaksinasi.

Bayangkan sistem kekebalan memiliki dua lengan utama, dan lengan yang pertama langsung bekerja segera setelah tubuh mendeteksi penyusup asing (vaksin).

Sel darah putih berkerumun ke lokasi tempat tubuh mengenali adanya penyusup asing lalu hal itu mendorong terjadinya peradangan. Nah inilah penyebab meriang, menggigil, nyeri, kelelahan, pegal linu dan efek samping lainnya.

Respons cepat dari sistem kekebalan tubuh ini cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Itulah salah satu alasan orang yang lebih muda melaporkan efek samping lebih sering daripada orang dewasa yang lebih tua.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:55
KEVIN DURANT DAN JAMES HARDEN SIAP TAMPIL BERSAMA TIMNAS BASKET AMERIKA SERIKAT DI OLIMPIADE TOKYO 2020   PEBALAP PETRONAS SRT FRANCO MORBIDELLI TAK IKUTI MOTOGP BELANDA KARENA CEDERA LUTUT SAAT LATIHAN   TAMPIL BURUK DI FORMULA 1 SIRKUIT PAUL RICARD, FERRARI SEBUT KEAUSAN BERLEBIHAN DI BAN DEPAN JADI MASALAH UTAMA   PELATIH TIMNAS INGGRIS GARETH SOUTHGATE YAKIN ANAK ASUHNYA BISA TAMPIL LEBIH BAIK DI BABAK 16 BESAR PIALA EROPA 2020   DISORDA PAPUA SEBUT PEMBANGUNAN VENUE CABANG OLAHRAGA RUGBI TELAN BIAYA RP 121 MILIAR   WHO PRIHATIN DENGAN PELONGGARAN PEMBATASAN COVID-19 DI NEGARA PENYELENGGARA PIALA EROPA 2020   MALAYSIA LAMPAUI INDONESIA MENJADI PEMASOK KELAPA SAWIT UTAMA KE INDIA DENGAN NILAI 2,42 JUTA TON   OJK IMBAU MASYARAKAT UNTUK GUNAKAN PINJAMAN “ONLINE” YANG TERDAFTAR SECARA RESMI   OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) BLOKIR 3.193 PLATFORM PINJAMAN “ONLINE” ILEGAL   DIREKTUR RUMAH SAKIT KHUSUS DADI SULSEL: 170 ODGJ SEMBUH KARENA SECARA PSIKOLOGIS TAK PIKIRKAN PENYAKIT KORONA   SEBANYAK 170 PASIEN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT KHUSUS DADI SULSEL, DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19   SULTAN HAMENGKU BUWONO X SERUKAN WARGANYA UNTUK LAKUKAN GERAKAN “JOGO WARGO” GUNA TEKAN PENYEBARAN KORONA   KEPALA DELEGASI INDONESIA YANG AKAN HADIRI KONFERENSI G20 DI ITALIA HARUS JALANI ISOLASI KARENA POSITIF COVID-19   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VAKSINASI COVID-19 UNTUK MASYARAKAT USIA 18 TAHUN KE ATAS DIPERBANYAK MULAI JULI 2021