Kompas TV video internasional

Rusuh! Geng Jalanan di Brazil Bakar 14 Bus dan 2 Mobil Polisi Usai Anggotanya Ditembak Polisi

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 15:55 WIB
Penulis : Theo Reza

BRAZIL, KOMPAS.TV - Geng jalanan membakar 14 bus kota dan dua mobil polisi di kota Manaus, Brasil pada Minggu (6/6) setelah seorang anggota geng terbunuh oleh polisi dalam penggerebekan.

Bus yang terbakar berserakan di terminal dekat pusat kota Manaus, dan satu terlihat terbakar di jalan kota, sementara beberapa bank dan bisnis dirusak dan dijarah oleh anggota geng yang mengamuk.

Seorang penjaga keamanan memfilmkan bus yang terbakar dari sebuah toko tempat dia bekerja di seberang jalan, mengatakan bahwa anggota geng bersenjata berat ketika mereka datang ke daerah itu.

"Saya mendengar mereka pada dini hari dan tadi malam ketika anggota geng membakar bus, dan mereka sedang menjelajahi kota dengan kendaraan mereka di sekitar Manaus," kata Penjaga keamanan Alan Emerson Santiago Barbosa.

‘Red Command’ dikenal karena keterlibatannya yang besar dalam perdagangan narkoba dan senjata, saluran utama untuk senjata dan obat-obatan yang tiba dari Kolombia dan Venezuela sebelum dikirim ke AS dan Amerika Latin bagian selatan.

Geng tersebut sempat mengeluarkan peringatan kepada warga melalui media sosial untuk "menjauh dari jalanan atau menghadapi eksekusi" setelah kematian "Dadinho", putra seorang pemimpin "Red Command" (Comando Vernelho), selama penggerebekan polisi.

Gubernur Amazonas, Wilson Lima, menyatakan "keadaan darurat" dan mengerahkan polisi tambahan dan pasukan keamanan lainnya ke jalan-jalan kota untuk memadamkan kekerasan,

Penduduk menghabiskan sebagian besar hari Minggu di dalam ruangan setelah ancaman yang dikeluarkan oleh geng untuk menyerang siapa pun yang ditemukan di luar rumah mereka.

Video Editor: Agung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x