Kompas TV video internasional

Ini Alasan United Airlines Beli Pesawat Supersonic

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 12:54 WIB
Penulis : Abdur Rahim

KOMPAS.TV – Maskapai penerbangan Amerika Serikat United Airlines, berencana membeli 15 pesawat supersonic untuk melayani penerbangan komersial.

Mereka ingin menghadirkan kembali perjalanan udara super cepat dengan pesawat supersonic.

Dilansir dari keterangan resmi United di hub.united.com, pemesanan ini dilakukan setelah Boom Supersonic dinilai memenuhi persyaratan yang diajukan oleh United.

“Berdasarkan ketentuan perjanjian, United akan membeli 15 pesawat 'Overture' Boom, setelah Overture memenuhi persyaratan keselamatan, pengoperasian, dan keberlanjutan yang diminta United”, seperti yang tertulis dalam rilis resmi United yang dikeluarkan pada 3 Juni 2021.

Baca Juga: Wow!!! United Pesan 15 Pesawat Supersonic, Diklaim 2x Lebih Cepat

Pesawat supersonic tersebut juga diklaim memiliki kelebihan, yakni bisa terbang 2x lebih cepat dari pesawat komersial biasa saat ini.

“Mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,7 – dua kali kecepatan pesawat tercepat saat ini – Overture dapat menghubungkan lebih dari 500 tujuan dalam hampir separuh waktu. Di antaranya, Newark ke London hanya dalam tiga setengah jam, Newark ke Frankfurt dalam empat jam dan San Francisco ke Tokyo hanya dalam enam jam”, seperti yang disebut dalam rilis tersebut.

Selain itu, pesawat supersonic ini juga diklaim sebagai pesawat komersial yang pertama yang menghasilkan 0 persen karbon, karena dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar hingga 100%. 

“Overture diharapkan menjadi pesawat komersial besar pertama yang bersih, nol-karbon sejak hari pertama, dioptimalkan untuk menggunakan 100% bahan bakar penerbangan berkelanjutan”,  dikutip dari rilis United.

United adalah maskapai milik Amerika pertama yang menandatangani pembelian pesawat supersonic dengan perusahaan Boom Supersonic.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x