Kompas TV regional kesehatan

Waspada Serangan Jantung Saat Berolahraga AYO SEHAT

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 17:47 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Berolah raga merupakan aktifitas yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun kita juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam beroleh raga , agar olah raga memeberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Seperti halnya organ jantung.  Untuk dapat menjaga agar organ jantung tetap sehat , dapat dilakukan dengan berolah raga secara rutin. Namun, dalam beroleh raga, setiap individu harus mengetahui batasannya, agar tidak berdampak pada serangan jantung, dan serangkaian masalah, pada organ jatung lainnya.

Kasus kematian akibat serangan jantung pada saat beroleh raga, umumnya sering terjadi di tengah tengah masyarakat. Namun hal ini, tidak serta merta terjadi, namun terdapat faktor pemicu serangan jantung, hingga menimbulkan kematian.

Menlansir dari laman kompas dot kom, terdapat enam tanda, adanya masalah jantung, saat berolah raga. Yang pertama, dada terasa tidak nyaman saat berolah raga. Lalu sesak nafas. Sakit kepala atau pusing, hingga terasa akan pingsan. Kelainan irama jantung. Beberapa area tubuh terasa tidak nyaman. Keringat dingin, hingga terasa mual akan muntah .

Beberapa kasus kematian akibat serangan jantung saat berolah raga, umumnya dipicu dari porsi olah raga yang terlalu berlebih. Hal ini, menyebabkan detak jantung akan bekerja lebih berat, untuk memenuhi kebutuhan oksigen saat berolah raga.

Lalu, bagaimana cara menghindari serangan jantung saat berolah raga ? Dan bagaimana cara menangani serangn jantung yang datang secara tiba tiba saat berolah raga ? Simak terus perbincangannya, di ayo sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x