Kompas TV bisnis kompas bisnis

Percepat Digitalisasi UMKM, Pemprov Jawa Barat Gandeng e-Commerce

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 12:42 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Upaya mempercepat digitalisasi UMKM terus dilakukan ke semua penjuru Indonesia.

Salah satunya, diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang merangkul e-commerce, untuk membangun infrastruktur UMKM Go Digital.

Bentuk kerjasama tersebut diantaranya pemberian 5.000 unit perangkat komputer atau laptop, yang akan dibagikan ke seluruh pelosok desa di Jawa Barat.

Pada tahap awal, 100 unit perangkat komputer atau laptop akan diberikan dan ditempatkan di Village Center atau pusat digitalisasi desa.

Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan e-commerce ini, langsung dieksekusi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan perwakilan e-commerce, Ye Gang selaku Co Founder dan Chief Operating Officer SEA, serta Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto.

Tidak hanya alat pendukung digitalisasi, akan ada pelatihan kepada pelaku UMKM lokal, berupa edukasi dan pendampingan pengembangan bisnis, untuk memperluas pasar.

Beberapa desa yang sudah mendapatkan bantuan adalah, Bumdes Megamendung, Kabupaten Bogor, kemudian Bumdes Betah Mandiri, Desa Tanjung Wangi Subang, serta Bumdes Guha Bau di Desa Kertayasa Pangandaran.

UMKM menjadi salah satu roda penggerak ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, digitalisasi menjadi salah satu upaya untuk memperkuat UMKM yang dapat menjadi agen pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi.

Program ini selaras dengan program Pemprov Jawa Barat yang memiliki tagline, “Tinggal di Desa, Rezeki Kota dan Bisnis Mendunia”. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x