Kompas TV video cerita indonesia

Megawati Akui Bicara dengan Jokowi Soal Kerja Sama Riset Ruang Angkasa Indonesia dan Rusia

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 23:19 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengakui dirinya telah berbicara dengan Presiden Joko Widodo terkait hubungan kerja sama dengan Rusia khususnya terkait teknologi dan ruang angkasa.

Hal ini diungkapkan Megawati saat sampaikan responnya dalam menerima penghargaan bintang Persahabatan (Order of Friendship) dari pemerintah Rusia.

"Hal yang berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya terus kita proses antara Rusia dengan Indonesia," kata Megawati.

Sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ex officio sesuai penugasan dari presiden, Megawati menekankan terbukanya hubungan kerja sama tersebut.

"Dan saya telah mengatakan kepada Presiden Jokowi, untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti yang saya sampaikan tadi dalam hubungan riset dengan negara Rusia," kata Megawati.

Merespon hal itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva akan sampaikan hal tersebut kepada Presiden Putin.

"Yang mulia telah menyentuh soal yang penting dalam hubungan bilateral kita. Termasuk pembangunan hubungan bidang angkasa, riset, teknologi, dan teknologi tinggi," ujar Lyudmila.

"Rusia menganggap Indonesia sebagai mitra dan sahabat yang lama dan ada hubungan erat antara negara kita yang dasarnya dibangun sejak Presiden Soekarno," lanjutnya.

Video Editor: Faqih




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x