Kompas TV video cerita indonesia

Kreatif! Warga Bandung Sulap Sampah Plastik Jadi Paving Block

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 10:54 WIB
Penulis : Herwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sampah plastik bekas bungkus makanan dan minuman ringan yang tak ada nilai ekonomisnya bisa disulap menjadi produk berdaya guna dan bernilai jual di tangan orang kreatif.

Di tangan Toni Permana (41), warga Kampung Sukamaju, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sampah plastik itu bisa didaur ulang menjadi sejumlah produk, salah satunya paving block. Padahal biasanya paving block berbahan dasar pasir dan semen.

"Betul saya dan warga lainnya membuat paving block dari sampah plastik yang sudah tidak terpakai. Misalnya dari bungkus mie, kopi, permen yang tidak lagi bisa dimanfaatkan," ungkap Toni .

Toni yang juga merupakan Ketua RW setempat serta inisiator bank sampah Kampung Sukamaju bercerita jika ide awal membuat paving block tersebut saat melihat warga Jawa Tengah membuat produk yang sama beberapa waktu lalu. 

"Awalnya lihat warga di Jawa Tengah membuat paving block dari sampah plastik juga, akhirnya saya berpikir kenapa saya engga bikin itu juga. Kemudian saya ajak warga lain dan ya berjalan sampai sekarang. Difasilitasi bank sampah juga," ujarnya.

Proses pembuatan paving block tersebut semuanya masih secara manual. Mulai dari mencacah sampah plastik, membakar, mencetak, hingga paving block selesai dan siap digunakan. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x