Kompas TV video cerita indonesia

Tim Arkeolog Temukan Artefak Berusia Ribuan Tahun di Lokasi Ibu Kota Negara Baru

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 09:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Tim arkeolog dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional menemukan jejak peradaban manusia di lokasi Ibukota Negara baru, di Kabupaten Penajam Paser Utara, diperkirakan sudah berusia ribuan tahun.

Artefak pertama ditemukan di Goa Panglima, yang hanya berjarak 5 kilometer dari titik nol ikn. Di lokasi ini tim arkeolog menemukan peralatan dari batu, tulang lengan, cangkang kerang, hingga sisa pembakaran.

Selain itu juga ditemukan lokasi yang diperkirakan pernah dijadikan pusat peleburan logam di desa maridan, dengan sebaran mencapai radius 3 kilometer. Di lokasi ini ditemukan adanya sisa kerak besi, lelegan besi, serta alat pembakaran untuk melebur bahan logam.

Tim arkeolog memperkirakan manusia pernah tinggal di lokasi ini sejak zaman proto, atau peralihan dari zaman prasejarah ke zaman sejarah, dan sudah masuk ke zaman logam.

Tim arkeolog yang terdiri dari sedikitnya 50 orang ini dijadwalkan masih akan melakukan penelitian hingga 2023 mendatang. Sehingga temuan ini tonggak awal untuk perkembangan penelitian.

Hasil penelitian ini nantinya  disampaikan ke lembaga terkait, seperti bappenas dan cipta karya, agar konsep ibu kota rimba nusantara tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, memiliki kandungan sejarah yang dilestarikan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x