Kompas TV internasional kompas dunia

Akui Aneksasi de facto Israel terhadap Palestina, Irlandia Jadi yang Pertama Melakukannya di Eropa

Kamis, 27 Mei 2021 | 17:32 WIB
akui-aneksasi-de-facto-israel-terhadap-palestina-irlandia-jadi-yang-pertama-melakukannya-di-eropa
Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney. (Sumber: The Irish News/Hugh Russell)

DUBLIN, KOMPAS.TV - Irlandia menjadi negara Eropa pertama yang mengakui tindakan aneksasi de facto Israel terhadap tanah Palestina.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Parlemen Irlandia melalui mosi yang diajukan partai oposisi, Sinn Fein, dan telah menerima dukungan seluruh partai, sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, Rabu (26/5/2021).

Sehari sebelumnya, Selasa (25/5/2021), Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan mosi itu adalah sinyal yang jelas dari perasaan mendalam dari seluruh warga Irlandia.

Baca Juga: Bocah Israel 5 Tahun Jadi Satu-satunya Korban Selamat dalam Kecelakaan Kereta Gantung di Italia

"Berdasarkan skala, kecepatan, dan sifat strategis beserta maksud di balik tindakan Israel atas perluasan pemukimannya, membawa kami ke sebuah titik, yang mana perlu kami sampaikan secara jujur bahwa apa yang sebenarnya terjadi di sana adalah aneksasi de facto," kata Coveney.

Meski tidak mudah, Menurut Coveney, keputusan tersebut akan mencerminkan keprihatin Irlandia terhadap tindakan Israel dan dampak yang ditimbulkannya.

Coveney yang menjadi wakil Irlandia di Dewan Kemanan PBB untuk pembahasan tentang Israel dan Palestina dalam beberapa pekan terakhir, sebelumnya sempat pula mengecam serangan roket oleh militan Palestina, Hamas.

Baca Juga: Pendiri Hamas: Kami Memerangi Pendudukan Israel, Bukan Orang Yahudi

Setelah pemungutan suara, melalui akun pribadinya di Twitter, pemimpin partai Sinn Fein, Mary Lou MacDonald, menyampaikan bahwa mosi harus menandai konfrontasi baru yang tegas dan konsisten atas kejahatan Israel terhadap Palestina.

Hal senada juga disampaikan oleh editor Majalah Tribune sosialis Inggris, Ronan Burtenshaw lewat cuitan Twiiter di akun pribadinya.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pencuri Sandal di Masjid Terekam CCTV

Selasa, 28 September 2021 | 20:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19