Kompas TV regional peristiwa

Sempat Saksikan Gerhana Bulan Total di Lereng Lawu, Ini Detik-detik Wafatnya Adik Raja Keraton Solo

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 16:18 WIB
sempat-saksikan-gerhana-bulan-total-di-lereng-lawu-ini-detik-detik-wafatnya-adik-raja-keraton-solo
Adik Raja Keraton Kasunanan Surakarta ISKS Paku Buwono XIII, GKR Retno Dumilah atau GRAy Koes Isbandiyah meninggal dunia. (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV- Putri dari Paku Buwono (PB) XII, GKR Retno Dumilah atau GRAy Koes Isbandiyah meninggal dunia.

Diketahui, sebelum meninggal di usia yang ke-67 tahun, Koes Ibandiyah sempat menyaksikan terjadinya gerhana bulan total (GBT) di Lereng Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur.

Hal ini dibenarkan oleh sang adik yakni GKR Wandansari atau akrab disapa Gusti Moeng yang menyebut kakaknya tersebut meninggal pada pada Rabu (26/5/2021) malam pukul 19.00 WIB.

Gusti Moeng mengatakan, sebelum meninggal Gusti Retno (sapaan akrab Koes Ibandiyah) mengajak untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan di Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

"Dari kemarin memang kencanan mau melihat gerhana bulan di Sarangan. Terus pagi Gusti Ayu ikut saja. Terus saya kencani setengah jam lagi," kata Gusti Moeng di Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Istri Raja Keraton Solo Paku Buwono XII, Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum, Wafat

Saat perjalanan, jelas Gusti Moeng, Gusti Retno mengajak berhenti di sebuah warung makan untuk makan siang.

"Waktu itu hadap-hadapan dengan saya. Pokoknya pada sehat ya jangan pada sakit. Beliau sempat ngomong (berkata) 67 tahun sudah cukup," kata dia menirukan Gusti Retno.

"Nggih mboten (ya tidak). Pokoknya harus sehat, dijaga dan tidak mengeluh apa-apa, tidak sakit makanya kita main," timpal Gusti Moeng.

Setelah sampai di lokasi tujuan, Gusti Retno yang juga adik dari Raja Keraton Kasunan Surakarta Paku Buwono XIII itu mengajak Gusti Moeng pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x