Kompas TV nasional update corona

Tinjau Wisma Atlet, Kepala BNPB Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 19:38 WIB
tinjau-wisma-atlet-kepala-bnpb-antisipasi-lonjakan-kasus-covid-19-pasca-lebaran
Letjen Ganip Warsito memberikan keterangan pers di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Ini merupakan kunjungan pertamanya sebagai Kepala BNPB setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo Selasa (25/5/2021) kemarin. Ganip Warsito menggantikan posisi Doni Monardo menyusul Doni yang akan memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni 2021. (Sumber: GAHNIYAR FEBRIAN / KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito melakukan peninjauan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta, Rabu (26/5/2021). 

Ganip menyebut kunjungan lapangan pertamanya ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan Wisma Atlet dalam menghadapi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Hari Raya Idul Fitri 2021. 

"Kehadiran saya sore ini, untuk memastikan kesiapan Wisma Atlet atau RSDC secara personil maupun perangkatnya, termasuk fasilitas dan sarana pendukung untuk menghadapi kemungkinan potensi lonjakan kasus pasca Lebaran," kata Ganip dalam konferensi pers, Rabu (26/5/2021). 

Sejak tanggal 18 Mei 2021 hingga hari ke semebilan setelah Lebaran, Ganip mengungkapkan telah terjadi peningkatan kasus Covid-19. 

"Mengingat sejak tanggal 18 hingga hari ini masuk ke hari ke-sembilan kita mengidentifikasi terjadi peningkatan kasus rata-rata di atas 100 kasus," jelas dia. 

Baca Juga: Pasien Inap di RS Wisma Atlet Bertambah Menjadi 1.511 orang

Lebih lanjut, dalam pemantauannya, dia memastikan tidak ada masalah dari sisi kesiapan Wisma Atlet untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19. 

"Saya tadi sudah mendengar paparan dari Kapuskes selaku kepala rumah sakit dan juga Pangdam yang menangani RSDC ini bahwa kesiapan secara personel tidak ada masalah, daya tampung pun kalau terjadi pelonjakan seperti halnya Januari itu bisa kita antisipasi," ucapnya. 

Kendati demikian, Ganip mengungkapkan pihaknya tidak berharap adanya lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran. 

Mengingat Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 telah melakukan bebagai upaya seperti larangan mudik hingga pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara mikro. 

"Pengecekan langsung di lapangan Wisma Atlet ini siap menghadapi kemungkinan lonjakan, walaupun ini tentunya tidak kita harapkan," tegas Ganip.  

Baca Juga: Kepala BNPB Doni Monardo Pensiun dari TNI, Jokowi Lantik Letjen Ganip Warsito sebagai Pengganti

Seperti diketahui, Ganip Warsito resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala BNPB menggantikan Doni Manardo, Selasa (25/5/2021). 

Pelantikan Ganip berdasarkan Surat Keputusan Nomor 79/P/2021 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB. 

Kunjungan ke Wisma Atlet menjadi kunjungan lapangan pertama Ganip sebagai Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Covid-19. 

Diketahui, Ganip terlihat tiba di RSDC Wisma Atlet tower 1 sekitar pukul 15.50 WIB. 

Dalam meninjau RSDC Wisma Atlet, Ganip didampingi oleh Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman. 

Baca Juga: Sehari Setelah Dilantik, Kepala BNPB Ganip Wasito Tinjau Wisma Atlet



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x