Kompas TV video sinau

Daftar 10 Laut yang Mengelilingi Indonesia, Apa Saja?

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 11:16 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Indonesia juga memiliki banyak nama laut yang letaknya disesuaikan dengan keberadaan pulau.

Laut Sulawesi menjadi laut terdalam yang dimiliki Indonesia, yaitu mencapai kedalaman 6,2 kilometer. Sedangkan laut terdangkal di Indonesia justru terletak di Laut Jawa.

Berikut 10 laut yang mengelilingi Indonesia:

1. Laut Jawa

Merupakan perairan dangkal yang terletak di antara pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi di gugusan kepulauan Indonesia lainnya.

2. Laut Sawu

Terletak di antara Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Secara geografis termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan memiliki kedalaman laut sekitar 3,4 km.

3. Laut Maluku

Terletak di barat Samudra Pasifik berdekatan dengan Provinsi Maluku, membatasi laut Sulawesi di utara dan Laut Banda di selatan.

4. Laut Flores

Terletak di bagian utara Pulau Flores, merupakan batas alami Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Provinsi Sulawesi Selatan.

5. Laut Banda

Berlokasi di Kepulauan Maluku, memisahkan Samudra Pasifik dengan beratus-ratus pulau kecil, Laut Halmahera dan Laut Seram.

6. Laut Arafuru

Terletak di ujung tenggara wilayah Indonesia di antara Benua Australia dan Pulau Papua, terhubung langsung ke Samudra Pasifik.

7. Laut Timor

Terletak di antara Benua Australia dan Pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Terhubung dengan Samudra Indonesia yang ada di sebelah barat daya dan di bagian timur terhubung Laut Arafuru.

8. Laut Halmahera

Terletak di sebelah barat Maluku Utara, Pulau Halmahera, dan pulau di ujung timur Papua. Terhubung dengan Samudra Pasifik di bagian timur laut.

9. Laut Seram

Merupakan salah satu laut kecil di kepulauan indonesia, bagian dari Samudra Pasifik yang terletak di antara Pulau Buru dan Pulau Seram.

10. Laut Sulawesi

Terdapat di sebelah utara pulau Sulawesi, di timur berbatasan dengan Pulau Kalimantan dan pulau di Filipina.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x