Kompas TV video sinau

Hewan-hewan dengan Usia Terpanjang, Ada yang Hidup Hingga Ratusan Tahun

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 19:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tak seperti manusia yang terus berupaya menciptakan berbagai terobosan di bidang teknologi dan kesehatan untuk bisa memperpanjang usia, binatang bisa hidup lebih lama dibanding manusia.

Ada beberapa spesies hewan yang bisa hidup hingga ratusan tahun, beberapa di antaranya yaitu:

1. Gajah Semak Afrika

Gajah semak Afrika memecahkan rekor sebagai hewan darat terbesar yang memiliki usia terpanjang. Karena kebanyakan hewan dengan usia panjang, memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada gajah.

Gajah semak Afrika ini bisa mencapai tinggi 4 meter dan berat 11 ton. Dengan ukuran sebesar itu, gajah ini bisa bertahan hidup hingga usia 70 tahun bahkan lebih.

2. Paus Biru

Ini adalah spesies laut terbesar yang memiliki usia terlama. Jantungnya sebesar mobil dan berat lidah paus biru setara dengan berat gajah dewasa.

Dengan ukuran raksasa, paus biru bisa bertahan hidup hingga 110 tahun. 

3. Kura-kura Raksasa Aldabra

Kura-kura raksasa Aldabra diketahui bisa hidup sampai 183 tahun. Dua ekor kura-kura Aldabra dengan usia terpanjang yang pernah diketahui adalah Jonathan dan Adwaita.

Jonathan mencapai usia 183 tahun dan hidup di Afrika Barat. Sedangkan Adwaita, yang sudah mati pada 22 Maret 2006, dipercaya mencapai usia lebih dari 200 tahun.

4. Hiu Greenland

Hiu Greenland bisa bertahan hidup hingga 400 tahun, sehingga sering disebut living fossil atau fosil hidup.

Hewan ini merupakan hewan bertulang belakang yang diketahui terlama hidup di dunia, dan salah satu hewan besar yang panjangnya dapat mencapai 5 meter.

Hiu Greenland berenang dengan perlahan di air dingin dan dalam di Atlantik Utara.

5. Kerang Quahog

Kerang Quahog bernama Ming diketahui berusia 507 tahun. Hewan tertua di dunia ini ditemukan peneliti pada tahun 2006 di pantai wilayah Eslandia.

Dengan umur 507 tahun, berarti Quahog ini lahir pada tahun 1499, sebelum Colombus menemukan Amerika, dan sebelum Belanda datang ke Indonesia.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x