Kompas TV bisnis bumn

Federasi Pilot Indonesia Harapkan "Win-Win Solution" Terkait Isu Pensiun Dini Garuda Indonesia

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 16:42 WIB
federasi-pilot-indonesia-harapkan-win-win-solution-terkait-isu-pensiun-dini-garuda-indonesia
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: instagram @garuda.indonesia)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Presiden Federasi Pilot Indonesia, Capt. M. Ali Nahdi, harapkan ada solusi terbaik yang saling menguntungkan terkait pemberitaan mengenai pensiun dini pilot dari maskapai Garuda Indonesia. 

"Saya harapkan ada win-win solution, dengan direktur dan karyawannya, mendapatkan solusi yang baik sehingga bisa saling menguntungkan," kata Kapten Ali, saat ditemui di Sekretariat Federasi Pilot Indonesia, Senin (24/5/2021). 

Ia juga mengatakan, Federasi Pilot Indonesia siap untuk menjembatani kedua belah pihak sehingga dapat ditemukan titik tengah yang menguntungkan. 

“Kita dari federasi mau menjembatani itu kalau mau dijembatani,” ujarnya. 

Terkait solusi, Kapten Ali menyebut pihak federasi tidak dapat ikut campur dalam manajemen internal maskapai Garuda Indonesia. 

"Biasanya federasi membantu untuk tidak terjadinya mogok dan menjembatani jangan sampai ada pemogokan dan lain-lain," jelas Kapten Ali. 

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, PT Garuda Indonesia Tawarkan Pensiun Dini Kepada Karyawan

Pihak federasi hanya berharap agar profesi pilot tetap bisa berjalan dengan baik, pekerjaannya berjalan dan tetap bisa terbang. 

"Profesi pilot berjalan lancar, tetap terbang, pekerjaannya berjalan karena dia punya keluarga, walaupun diberikan pensiun dini, lalu setelah itu mau ke mana?" kata Kapten Ali. 

Kapten Ali menekankan mengenai penting dan langkanya profesi pilot, sehingga akan disayangkan jika pilot yang sudah berpengalaman harus mengambil langkah pensiun dini. 

"Pilot sangat dibutuhkan dan tidak semua orang bisa menjadi pilot. Pilot adalah aset dan untuk menjadi pilot adalah hal yang tidak mudah, biayanya juga tidak murah. Apalagi pilot yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi," kata Kapten Ali. 

Menurut Kapten Ali, semakin banyak pengalaman dan jam terbang seorang pilot, maka akan semakin dicari. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x