Kompas TV internasional kompas dunia

Kabel Putus, Kereta Gantung di Italia Jatuh, Sedikitnya 14 Tewas

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 04:15 WIB
kabel-putus-kereta-gantung-di-italia-jatuh-sedikitnya-14-tewas
Sejumlah personil tim penyelamat tengah menyelidiki sebuah kereta gantung yang jatuh di jalur Stresa - Mottarone di kawasan Piedmont, Italia utara, Minggu (23/5/2021). (Sumber: Soccorso Alpino e Speleologico Piemontese via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

ROMA, KOMPAS.TV – Sebuah kereta gantung yang mengangkut para turis di kawasan pegunungan di utara Italia jatuh pada Minggu (23/5/2021), hingga menewaskan 14 orang.

Seorang bocah juga harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami patah tulang dan terluka parah.

Wali Kota Stresa, Marcella Severino mengatakan, tampaknya kabel kereta gantung itu putus, dan kereta gantung itu terayun keras menabrak tiang dan jatuh ke tanah.

“Pada titik itu, kereta gantung terbalik beberapa kali sebelum menabrak sejumlah pohon,” katanya seperti dilansir dari Associated Press, Minggu (23/5/2021).

Beberapa penumpang yang meninggal, terlempar keluar dari kereta gantung.

Pemerintah Italia segera membentuk sebuah komisi untuk menyelidiki kecelakaan itu. Pertanyaan tentang kualitas dan keamanan infrastruktur transportasi Italia pun mencuat.

Baca Juga: 32 Kereta Gantung Tergelincir, Ratusan Orang Terjebak

Sejumlah foto dari lokasi kejadian menunjukkan sebuah kabin kereta gantung yang ringsek di sebuah lereng curam dekat puncak Mottarone di atas Danau Maggiore.

Menurut media Italia, kereta gantung itu diyakini jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter.

“Ini kejadian yang sangat, sangat buruk,” kata Severino pada SkyTG24.

Kecelakaan di jalur Stresa – Mottarone itu terjadi sekitar 100 meter sebelum tiang kereta gantung terakhir, kata Walter Milan, juru bicara tim penyelamat pegunungan Italia.

Baca Juga: Kereta Gantung Kembali Beroperasi Pasca-perang Bosnia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x