Kompas TV regional update corona

Tes Genose Gratis Bagi Santri Kalbar yang Hendak Kembali Ke Ponpes

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 13:12 WIB
tes-genose-gratis-bagi-santri-kalbar-yang-hendak-kembali-ke-ponpes
Calon penumpang pesawat menjalani pemeriksaan embusan nafas dengan alat GeNose C19 di Bandar Udara Yogyakarta International Airport di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. PT Angkasa Pura I (Persero) memberlakukan dokumen negatif Covid-19 menggunakan GeNose mulai Kamis (1/4/2021) (Sumber: KOMPAS.COM/DANI JULIUS)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Zaki Amrullah

PONTIANAK, KOMPAS.TV – Santri dari Kalimantan Barat yang hendak kembali ke pondok pesantren di luar daerah akan menjalani tes GeNose gratis. Pelayanan tes yang dimuluai Jumat (21/5/2021) tersebut dilaksanakan di Bandara Supadio, Pontianak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson, menjelaskan, Jumat ini tes dilakukan kepada 142 santri calon penumpang pesawat udara yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur, dilansir dari Kompas.id.

Tes Genose gratis itu diharapkan akan meringankan biaya para satri untuk kembali mondok di luar Kalbar. ”Untuk ke luar Kalbar boleh menggunakan GeNose C-19. Untuk masuk ke Kalbar tetap diberlakukan syarat tes usap (PCR) negatif yang berlaku 3 x 24 jam sejak pengambilan sampel,” ujar Harisson.

Dinkes Provinsi Kalbar juga melaksanakan pemeriksaan tes usap (PCR) ulang bagi penumpang yang baru tiba di terminal kedatangan Bandara Supadio.

Baca Juga: Bandara Fatmawati Bengkulu Sediakan Layanan Genose

Adapun, tes ulang itu dilakukan terhadap penumpang yang surat keterangan tes usap (PCR) mereka diragukan, antara lain yang tidak menggunakan kode batang (barcode) atau memiliki barcode tetapi tidak bisa dipindai.

Pemerintah Provinsi Kalbar masih memberlakukan ketentuan hasil tes usap (PCR) negatif sebagai syarat masuk ke Kalbar. Sebelumnya, diduga terdapat penumpang pesawat yang menggunakan surat keterangan hasil tes usap palsu saat ingin masuk ke Kalbar seperti  dilansir Kompas.id, 17/5/2021.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x