Kompas TV nasional sosial

Presiden Jokowi: Literasi Digital adalah Kerja Besar, Pemerintah Tidak Bisa Sendirian

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 16:11 WIB
presiden-jokowi-literasi-digital-adalah-kerja-besar-pemerintah-tidak-bisa-sendirian
Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Tahun 2021. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak dapat berkolaborasi dalam upaya membangun literasi digital di Indonesia. 

Menurut Kepala Negara ini, literasi digital nasional merupakan kerja besar yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah.

"Literasi digital adalah kerja besar. Pemerintah tidak bisa kerja sendirian. Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya secara virtual saat meluncurkan Program Literasi Digital Nasional, di Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Momentum Kebangkitan Nasional Dorong Kebangkitan Pelaku UMKM

Lebih lanjut, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunias yang terlibat dalam program literasi digital nasional.

Dia berharap, program ini bisa terus berkembang sehingga masyarakat dapat semakin cakap dalam memanfaatkan internet baik untuk kegiatan edukatif maupun produktif. 

"Saya harap gerakan ini dapat menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," tegas dia. 

Baca Juga: Jokowi: Jangan Tunggu Chaos Baru Kita Bertindak, Terlambat!

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta pemerintah agar dapat meningkatkan kecakapan digital masyarakat supaya mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik, menyejukkan dan menyerukan perdamaian.

Presiden Jokowi turut berharap internet bisa meningkatkan produktivitas masyarakat dan membuat UMKM naik kelas.

Di sisi lain, dia juga mengingatkan bahwa kejahatan di ruang digital terus mengalami peningkatan.

Adapun contohnya seperti, hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual kepada anak, perundungan siber, ujaran kebencian dan radikalisme berbasis digital.

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi di Hari Kebangkitan Nasional 2021

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk terus meminimalkan konten negatif dengan cara membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif.

Diketahui Peluncuran Program Literasi Digital Nasional pada Kamis ini dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Infromatika Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Presiden Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Konsolidasi Tekan Penularan Covid-19



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x