Kompas TV nasional peristiwa

Buruh akan Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina di Seluruh Indonesia Selasa 18 Mei 2021

Kompas.tv - 16 Mei 2021, 20:19 WIB
buruh-akan-gelar-aksi-solidaritas-untuk-palestina-di-seluruh-indonesia-selasa-18-mei-2021
Ilustrasi: Dalam file foto 21 Februari 2020 ini, militan bertopeng Hamas mengibarkan bendera nasional mereka selama protes di Kota Gaza. Pada Kamis, 29 April 2021, Hamas menolak gagasan penundaan pemilihan umum Palestina. (Sumber: AP Photo/Adel Hana, File)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi solidaritas untuk Palestina terus berdatangan dari berbagai negara. Tak terkecuali di Indonesia.

Pada Selasa 18 Mei 2021 mendatang, puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi solidaritas untuk rakyat Palestina.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi ini akan digelar di depan kantor-kantor gubernur, bupati, wali kota, hingga DPRD kabupaten/kota di 24 provinsi di Tanah Air.

Dia memperkirakan ada 25.000 anggota KSPI yang terlibat dalam aksi tersebut.

Baca Juga: Warga di Negara-Negara Barat Demo Dukung Palestina, Minta Hentikan Aksi Militer Israel

"Agenda tututan aksi hanya satu, yaitu hentikan agresi militer Israel ke Palestina, khususnya Jalur Gaza. Tarik tentara-tentara Israel, polisi-polisi Israel dari Masjidil Al Aqsa," kata Said dalam konferensi pers daring, Minggu (16/5/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Said mengatakan, aksi solidaritas akan digelar di berbagai kota di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Aksi juga digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB), Gorontalo, Maluku, hingga Maluku Utara.

Kemudian di Jawa Timur meliputi Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, dan Gresik, Jawa Tengah meliputi Semarang, Kendal, Demak, Jepara,  Kudus.

Selanjutnya di Jawa Barat meliputi Bandung, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang Cianjur, Bogor Depok, hingga di Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Said mengatakan, di wilayah DKI Jakarta, aksi bakal dipusatkan di kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Ia memastikan aksi solidaritas di seluruh wilayah akan dilakukan dengan cara damai, santun, dan terukur, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Artinya wajib rapid test antigen, pakai masker, jaga jarak, membawa handsanitizer. Semua aksi KSPI itu harus mengikuti arahan petugas," ujar Said.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x