Kompas TV regional sosial

Lebaran di Rumah Dinas, Ridwan Kamil: Saya Doakan Semua Lulus Ujian Kesabaran

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 20:20 WIB
lebaran-di-rumah-dinas-ridwan-kamil-saya-doakan-semua-lulus-ujian-kesabaran
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 di Rumah Dinas Gedung Pakuan, Bandung. 

Seperti tahun sebelumnya, pada Lebaran kali ini pemerintah masih mengimbau masyarakat untuk merayakan hari kemenangan di rumah masing-masing. Hal ini dikarenakan Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19. 

“Ini tahun kedua kita menjalani Idulfitri dalam suasana pandemi. Saya hanya mendoakan semoga semua lulus ujian di Bulan Ramadan yang lebih utama adalah ujian kesabaran,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari laman resmi Pemprov Jabar, Kamis (13/5/2021). 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pemudik Jabar Turun 99 %

Di tengah pandemi COVID-19, Umat Islam mesti beradaptasi dan menunda tradisi-tradisi di hari kemenangan.

Ridwan Kamil menekankan agar warga Jabar dapat mengutamakan kesehatan keluarga, baik di rumah dan kampung halaman.

Tradisi bersalaman-salaman dan saling mengunjungi keluarga pada Idulfitri pun dapat diganti dengan silaturahmi secara daring, baik melalui video call maupun pesan singkat.

Lebih lanjut, Gubernur Jabar ini optimistis lonjakan kasus Covid-19 saat Lebaran dapat dicegah jika masyarakatnya dapat menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Baca Juga: Libur Lebaran, Disparbud Jabar Sebar Ribuan Rapid Antigen

“Pada dasarnya karena suasana pandemi, jadi silaturahmi silakan tapi tetap dengan protokol kesehatan. Kalau ada kerumunan tolong dihindari karena selama lebaran kerumunan terjadi di tempat keramaian wisata dan lain-lain,” tegas Ridwan Kamil.

Dia kemudian berharap dengan ikhtiar bersama-sama dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pandemi akan segera berlalu. 

“Insyaallah doakan lancar pengendalian Covid-19, lancar vaksinasi sehingga 2022 saya berdoa betul agar mudik bisa normal kembali, salat Idulfiftri bisa normal kembali, dan tetap produktif kembali bekerja seperti sediakala setelah Lebaran selesai,” tambah dia. 

Baca Juga: Survei IPRC:Elektabilitias RIdwan Kamil Tertinggi

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat Lebaran kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Jabar.

“Dalam kesempatan ini, saya beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemda Provinsi mengucapkan selamat Idulfitri 1442 Hijriah untuk masyarakat Jabar dan masyarakat Indonesia, tentulah dalam satu tahun kami ada kekhilafan kata, perbuatan, keputusan atau apapun. Kami adalah manusia yang gudangnya khilaf,” katanya.

Ridwan Kamil kemudian memohon maaf kepada masyarakat, menurut dia manusia adalah gudangnya kesalahan dalam berbuat ataupun bertindak.

“Mohon dibukakan pintu maaf lahir batin dan tetap semangat kita bersilaturahim walaupun dalam bentuk digital, komunikasi yang tidak tatap muka,” imbuhnya.  

Baca Juga: Reaksi Ridwan Kamil Soal Pos Penyekatan Dibobol Pemudik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x