Kompas TV nasional update

WNA Dilarang Masuk Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta Diperketat

Rabu, 12 Mei 2021 | 20:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -

Jelang idul fitri, Kapolri meminta otoritas bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, memperketat pengawasan warga yang datang dari luar negeri.

Perhatian lebih ditujukan untuk warga yang datang dari sejumlah negara seperti India, Pakistan, dan Filipina.

Kapolri bersama panglima TNI, sejumlah menteri dan Ketua DPR, melihat langsung situasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Pencegahan lonjakan kasus Covid-19 pasca libur idul fitri bisa dilakukan lewat bandara dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

Khusus untuk warga yang datang dari luar negeri perlu dipastikan memiliki dokumen sudah vaksin Covid-19.

Selanjutnya pantauan dilakukan di pos penyekatan Cikarang Barat, Jawa Barat.

Menteri perhubungan mengapresiasi tim yang bekerja mencegah pemudik meski ada sejumlah kejadian yang tidak bisa dihindari.

Di jalur darat Menteri Budi Karya Sumadi menyebut perlu upaya lebih untuk mencegah warga mudik agar lonjakan kasus Covid-19 bisa diantisipasi.

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah tidak mengizinkan warga negara asing untuk masuk ke Indonesia di masa larangan mudik saat ini.

Ketua DPR menyebut hal ini demi rasa keadilan bersama termasuk untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Puan Maharani ikut memantau tim yang bekerja di Bandara Soekarno-Hatta dan dilanjutkan ke pos penyekatan mudik di Cikarang Barat.

Penegasan larangan masuk bagi WNA perlu dilakukan pemerintah.

Meski demikian, Puan memaklumi ada pengecualian khusus bagi WNA tertentu.

Sebelumnya pemerintah menegaskan tidak akan ada lagi penerbangan pesawat carter selama masa larangan mudik lebaran 2021.

Para pekerja warga negara asing yang hendak bekerja di Indonesia diimbau untuk menunda perjalanan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan tidak ada penerbangan pesawat carter ke Indonesia.

Selain itu Menteri Perhubungan juga mengatakan kepulangan pekerja migran Indonesia ke tanah air juga akan diawasi.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Inspirasi Musik

Ardhito Pramono - Di Senayan

Sabtu, 19 Juni 2021 | 00:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:41
ANGGOTA KOMISI I DPR SUKAMTA MINTA PEMERINTAH HENTIKAN KERJA SAMA DENGAN PERUSAHAAN AFILIASI JUNTA MILITER MYANMAR   PENDAFTARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JENJANG PAUD DAN SD MULAI DIBUKA SENIN, 21 JUNI 2021   â€œROAD BIKE” DILARANG MELINTAS DI JALAN LAYANG NONTOL (JLNT) KAMPUNG MELAYU-TANAH ABANG MULAI MINGGU, 20 JUNI 2021   KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA TETAPKAN 21 PAROKI YANG DIPERTIMBANGKAN SEBAGAI ZONA MERAH DAN ZONA ORANYE COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA MINTA PAROKI DI ZONA MERAH HENTIKAN MISA “OFFLINE” ATAU TATAP MUKA   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RUTAN KPK KEMBALI MEMBERLAKUKAN KUNJUNGAN DARING MULAI 18 JUNI 2021   MENSOS TRI RISMAHARINI SARANKAN 11.000 PEKERJA MIGRAN ASAL SULBAR YANG DATANG DARI MALAYSIA LANGSUNG DIPULANGKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN SELURUH KEGIATAN DI JAKARTA HARUS TUTUP PUKUL 21.00 WIB   SIDAK MALAM KE KAWASAN KEMANG, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: KITA TEMUKAN PENGELOLA TAK BERTANGGUNG JAWAB   BARU BUKA SATU HARI, TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN TELAH MENERIMA 662 PASIEN COVID-19   PERHIMPUNAN DOKTER PARU: JIKA PPKM SKALA BESAR TAK DILAKUKAN, FASILITAS KESEHATAN BISA KOLAPS   WISMA ATLET KEMAYORAN HANYA MENERIMA PASIEN COVID-19 YANG BERGEJALA DENGAN KOMORBID ATAU PENYAKIT PENYERTA    DINKES KOTA BEKASI: PESERTA VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, DINKES KOTA BEKASI TAMBAH SATU AULA ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA