Kompas TV regional berita daerah

Aturan Penutupan Destinasi Wisata yang Masuk Zona Merah dan Oranye, Ini Langkah Dispar DIY

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:13 WIB
aturan-penutupan-destinasi-wisata-yang-masuk-zona-merah-dan-oranye-ini-langkah-dispar-diy
Tugu Yogyakarta menjadi ikon sekaligus salah satu destinasi wisata untuk berswafoto (Sumber: Kemenparekraf)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharjo, akan berkoordinasi dengan dispar kabupaten dan kota se-DIY terkait operasional destinasi wisata selama libur lebaran 2021.

Hal ini untuk menindaklanjuti Instruksi Kapolri dan Surat Edaran (SE) Kemendagri tentang penutupan destinasi wisata di zona merah dan oranye. 

“Kami perlu ada koordinasi lebih lanjut agar aturan itu bisa diterapkan, tetapi kami juga memastikan destinasi yang buka telah sesuai dengan zonasi dan pengawasannya ketat,” ujarnya, Selasa (11/5/2021).

Pengawasan juga akan diperkuat di destinasi wisata yang siap beroperasi karena tidak berada di zona merah dan oranye. Selama libur lebaran 2021, Dispar DIY juga bekerja sama dengan polisi dan Satpol PP dalam pengawasan.

Baca Juga: Destinasi Wisata Tetap Dibuka, Pemkab Gunungkidul Kerahkan 359 Personel Lakukan Pengawasan Prokes

Tidak hanya itu, Dispar DIY akan menerjunkan tim monitoring dan evaluasi yang bertugas memantau pelaksanaan kebijakan nasional di destinasi wisata.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dispar DIY Marlina Handayani menyarakan masyarakat lokal yang ingin mengunjungi destinasi wisata di yogyakarta melakukan reservasi melalui aplikasi Visiting Jogja.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:00
KEMENHUB AKAN BUAT KEBIJAKAN UNTUK TERUS DORONG PENINGKATAN PERGERAKAN PESAWAT DI TENGAH PANDEMI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERGERAKAN PESAWAT DI INDONESIA TAHUN KEDUA PANDEMI COVID-19 SEMAKIN MEMBAIK   ANGGOTA KOMISI XI DPR MISBAKHUN TAK SETUJU SOAL RENCANA PENGENAAN PPN SEMBAKO DAN JASA PENDIDIKAN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: PERSIAPAN PEMBUKAAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA SUDAH 90 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN PEMBUKAAN "TRAVEL CORRIDOR ARRANGEMENT" DAPAT TEREALISASI PADA JULI 2021   DINKES SEBUT KASUS AKTIF COVID-19 DI KABUPATEN BEKASI SAAT INI MENCAPAI 750 ORANG   KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERTINGGI DI TANGERANG SELATAN   DINKES: ADA 359 PASIEN COVID-19 DI TANGERANG SELATAN YANG SAAT INI MASIH MENJALANI ISOLASI MANDIRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.885: 4.053 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 628 DALAM PERAWATAN   ANGGOTA KOMISI XI DPR ANIS BYARWATI: WACANA PEMERINTAH YANG AKAN KENAKAN PPN SEMBAKO TAK LOGIS DI MASA PANDEMI   NOVEL BASWEDAN AKUI SUDAH PERNAH MEMINTA HASIL TWK KPK, TETAPI TAK PERNAH DIBERIKAN DENGAN ALASAN RAHASIA   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT TWK JADI CARA PAMUNGKAS HABISI PEMBERANTASAN KORUPSI DI KPK   KEMENANG MENYATAKAN AKAN FOKUS UNTUK LOBI KUOTA DAN MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN HAJI TAHUN DEPAN   GABUNGAN PERUSAHAAN HAJI DAN UMRAH NUSANTARA BERHARAP ARAB SAUDI BUKA IBADAH HAJI PADA SEPTEMBER 2022