Kompas TV regional berita daerah

Ditjen PSDKP Amankan Dua Kapal Vietnam Pencuri Teripang di Perairan Indonesia

Kompas.tv - 11 Mei 2021, 08:01 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Pada Sabtu pagi (08/05/21), kedua kapal Vietnam beserta 10 ABK-nya ini, diamankan di PSDKP Pontianak. Kapal ini tiba di Pontianak pada Jumat malam (07/05/21). 

Sebelumnya, kapal ini diamankan oleh Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP pada Kamis, 6 Mei lalu, saat melakukan pencuri teripang di laut natuna utara. 

Menurut KKP, penangkapan yang dilakukan kapal ini, dengan alat trawl yang spesifik mengincar spesies teripang atau mentimun laut, dengan alat yang dapat menghancurkan bagian bawah laut.  Modus pencurian seperti ini tergolong operandi baru yang belum pernah ditemui sebelumnya. 

Petugas juga mengamankan tiga tong plastik yang berisi teripang yang sudah dibersihkan dan sudah diberi garam.

Kedua kapal beserta 10 ABK asal Vietnam ini, untuk sementara diamankan di PSDKP Pontianak, sambil menunggu proses hukum lebih lanjut. 

Penangkapan dua kapal berbendera Vietnam ini menambah panjang daftar kapal ikan yang ditangkap oleh Ditjen PSDKP KKP. Sebanyak 84 kapal telah ditindak selama tahun 2021, terdiri dari 68 kapal ikan Indonesia yang melanggar ketentuan, dan 16 kapal ikan asing yang mencuri ikan.

KKP juga terus menunjukkan komitmennya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan, dengan menangkap 62 pelaku penangkapan ikan dengan cara yang merusak. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.