Kompas TV internasional kompas dunia

Diduga Tindak Pidana Perdagangan Orang, KBRI Phnom Penh Selamatkan 76 Pekerja Migran di Kamboja

Sabtu, 8 Mei 2021 | 22:10 WIB
diduga-tindak-pidana-perdagangan-orang-kbri-phnom-penh-selamatkan-76-pekerja-migran-di-kamboja
Sebanyak 76 orang WNI Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah berhasil diselamatkan dari penyekapan sebuah perusahaan di Kota Chrey Thum, Provinsi Kandal, Kamboja. (Sumber: kemlu.go.id)

KAMBOJA, KOMPAS.TV - Sebanyak 76 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhasil diselamatkan dari penyekapan yang dididuga dilakukan oleh sebuah perusahaan di Kota Chrey Thum, Provinsi Kandal, Kamboja.

Penyelamatan tersebut berhasil berkat koordinasi Kedutaan Besar Repubik Indonesia (KBRI) Phnom Penh dengan Kepolisian Nasional Kamboja, dan para PMI telah dievakuasi ke tempat aman di Pnom Penh.

Baca Juga: IOM: Kolaborasi Semua Pihak Diharapkan dalam Memerangi Perdagangan Orang

Proses penyelamatan para pekerja migran tersebut dilakukan dalam dua gelombang. Masing-masing 17 PMI pada tanggal 3 Mei 2021, dan 59 PMI pada tanggal 8 Mei 2021.
 
Melansir dari laman resmi Kemeterian Luar Negeri RI, KBRI Phnom Penh menyebut, terdapat dugaan kuat mereka merupakan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) melalui cara penipuan, ancaman denda dan penyekapan.

Selain itu, perusahaan tempat pekerja migran tersebut bekerja juga tidak memberi respon positif terhadap komunikasi yang dilakukan oleh KBRI Phnom Penh.

"Saat ini para WNI dalam keadaan sehat dan telah menjalani protokol kesehatan berupa tes PCR dan sedang menjalani karantina 14 hari," dikutip dari laman resmi Kemlu RI, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: MPR Desak Kemlu Beri Perlindungan Ekstra WNI yang Diserang Anti-Asia di AS

Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:46
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138