Kompas TV regional viral

Viral, Kakek di Sulsel Bangun Rumah Bawah Tanah Seorang Diri

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 10:18 WIB
viral-kakek-di-sulsel-bangun-rumah-bawah-tanah-seorang-diri
Zainuddin (53) alias Cireng, Warga Cenrana, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan sedang membangun rumah bawah tanah miliknya. (Sumber: KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T.)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

BONE, KOMPAS.TV - Seorang kakek di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mendadak viral di media sosial. Dalam video tersebut, ia membangun rumah dibawah tanah dengan bermodal alat seadanya. Zainuddin alias Kakek Cireng (53) tersebut telah menggali tanah selama hampir dua tahun.

Nampak terlihat bangunan cukup detail seolah didesain oleh seorang arsitek yang berpengalaman. Padahal hanya bermodal pengalaman yang didapatkan dari negeri jiran Malaysia sebagai seorang buruh bangunan selama 10 tahun.

"Sudah dua tahun saya bangun dan tahu membuat rumah bawah tanah saat di Malaysia, dulu saya kerja serabutan di sana dan lama kerja bangunan" kata Cireng di rumahnya, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Viral Video Sahur On The Road di Bekasi, Ini Kata Polisi

 

Zainuddin (53) alias Cireng, Warga Cenrana, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan sedang membangun rumah bawah tanah miliknya. (Sumber: KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T.))

Rumah bawah tanah tersebut berada di sekeliling rumah panggung miliknya dengan lebar 3 meter dan panjang 6 meter.

Rumah tersebut berada di kedalaman 2 meter dan memiliki beberapa tangga. Sebuah lorong berukuran 1, 5 meter merupakan penghubung antar ruangan.

Awal mulanya dia membangun rumah bawah tanah ini, saat dia ditinggal anak dan istrinya. Hingga dirinya mencoba mengobati kekecewaannya dengan membangun sebuah karya yang bisa membuat dirinya menjadi tenang.

Hingga kini Kakek Cireng belum bisa merampungkan rumah bawah tanah yang didesainnya karena masalah biaya.

Baca Juga: Usai Viral, Pria Ejek Pengunjung Mal yang Bermasker Meminta Maaf, Dikenakan Sanksi Sosial

Camat Cenrana, Amin Kadir, juga mengaku baru mengetahui aktivitas Cireng dengan rumah bawah tanahnya setelah viral di media sosial.

"Dia selama ini hidup sebatang kara dan membangun rumah bawah tanah sebagai pengisi waktu luang atas kesehariannya sebagai petani. Ide untuk membuat rumah bahwa tanah tersebut hanya untuk mengisi waktu karena dia tinggal sendiri" kata Amin Kadir.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x