Kompas TV regional wisata

Masjid Raya Al-Aqsa Jadi Masjid Terbesar di Merauke Dengan Kapasitas 5000 Jemaah

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 05:10 WIB
Penulis : Dea Davina

MERAUKE, KOMPAS.TV - Masjid Al Aqsa terletak di Jalan Brawijaya, tepatnya di wilayah sekitar Tugu Lingkar Brawijaya, Kota Merauke.

Masjid ini mudah dikenali dengan sebuah kubah besar dan menara yang menjulang sekitar 45 meter.

Arsitektur mesjid Al Aqsa berdasarkan campuran aliran gothik dan Timur Tengah, dengan tiang pilar besar yang berada di ruang utama.

Ornamen yang banyak menghiasi bangunan ini adalah segi delapan dengan dominasi warna keramik coklat cerah.

Mesjid ini sering digunakan untuk beribadah sholat wajib dan sunat terutama di bulan ramadan ini, namun untuk menunggu waktu, banyak juga warga yang membaca Al Quran, baik secara digital atau cetak.

Sementara, untuk halamannya banyak warga merauke menjadikannya lokasi untuk swafoto atau foto grup.

Ketua Pengurus Kesehjatheraan Mesjid Raya Al Aqsa, Ilhamsar Lubis mengatakan Mesjid Raya Al Aqsa menjadi mesjid terbesar di wilayah Papua Selatan.

Daya tampung mesjid 2 lantai ini sekitar 5000 lebih jemaah, yang pada lantai 1 dapat menampung 2700 orang serta lantai 2 dapat menampung 2500 orang.

Sementara, untuk bangunan teras dapat menampung lebih dari 2000 orang.

Selama bulan ramadan ini, kegiatan di dalam Mesjid Raya Al Aqsa tidak hanya beribadah saja, namun terdapat siraman rohani oleh sejumlah ustad terutama pada waktu sebelum sholat  isya dan setelah sholat subuh, dengan durasi sekitar 10 hingga 15 menit. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x