Kompas TV klik360 sinau

Tips Mudah Lakukan Puasa Gadget Agar Tetap Produktif Seharian

Kamis, 6 Mei 2021 | 16:00 WIB

KOMPAS.TV - Gawai atau gadget dapat mempermudah berbagai aktivitas dengan beragam fitur, dan juga mampu menghilangkan kebosanan melalui hiburan yang tersedia.

Namun, penggunaan gadget yang terlalu sering ternyata tidak baik bagi kesehatan mata dan juga psikis penggunanya.

Sehingga kita perlu puasa gadget sejenak untuk mengatur pola penggunaan ponsel, agar diri tetap sehat dan juga produktif.

Berikut 3 langkah puasa gadget yang bisa coba diterapkan:

1. Buat jadwal kegiatan

Buat template jadwal yang bisa disesuaikan tiap harinya. Jadwal kegiatan untuk satu hari tidak perlu terlalu detail, karena hanya untuk acuan.

Berikan juga beberapa waktu kosong untuk kegiatan mendadak yang sewaktu-waktu dilakukan.

2. Atur penggunaan ponsel

Setelah memiliki gambaran kegiatan selama satu hari, saatnya mengatur penggunaan ponsel.

Misalnya, berikan waktu senggang untuk membuka handphone pada waktu istirahat kerja di siang hari.

Sama seperti menjadwalkan kegiatan, mengatur penggunaan ponsel di waktu-waktu tertentu juga diperlukan.

Selain itu, Anda bisa mengatur waktu maksimal penggunaan ponsel, misal digunakan selama maksimal 5 jam.

Fitur yang ada di ponsel seperti mode fokus (focus) dan mode jangan ganggu (do not disturb) bisa dimanfaatkan untuk mengatur waktu penggunaan ponsel.

3. Alihkan perhatian

Perlu sesekali mengalihkan perhatian dari layar gadget dengan kegiatan seperti membaca buku, atau hal lain yang tidak dilakukan di depan layar.

Selain itu, tanaman hijau dan ikan di dalam akuarium bisa jadi alternatif pilihan untuk mengalihkan perhatian dari layar gadget.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:54
PERSATUAN SEPAK TAKRAW INDONESIA (PSTI) PAPUA TELAH MEMPERSIAPKAN 14 ATLET SEPAK TAKRAW KE PON XX 2021   PROVINSI PAPUA TARGETKAN PEROLEHAN MEDALI EMAS SEBANYAK-BANYAKNYA PADA PON XX 2021   BENDUNGAN BENER DI DESA GUNTUR, PURWOREJO, JATENG, DITARGETKAN RAMPUNG DAN BEROPERASI PADA 2023   PROYEK BENDUNGAN BENER DI DESA GUNTUR, PURWOREJO, JATENG, AKAN JADI BENDUNGAN TERTINGGI DI INDONESIA   KEPALA SKK MIGAS MINTA PROYEK PENGEMBANGAN GAS LAPANGAN JAMBARAN-TIUNG BIRU (JTB) SEGERA TUNTAS    STAFSUS MENKEU MINTA MASYARAKAT TAK PERLU KHAWATIR KARENA PEMERINTAH AKAN BERIRINGAN DENGAN KEPENTINGAN RAKYAT   SOAL PPN SEMBAKO HINGGA KARBON, KEMENKEU: KAMI DESAIN RUU UNTUK TANGKAL PENGHINDARAN PAJAK MASIF   DIRUT TRANSJAKARTA: INDUSTRI PENERBANGAN MERUPAKAN BAROMETER BIDANG KESELAMATAN & KEAMANAN BAGI INDUSTRI LAIN   TRANSJAKARTA AKAN ADOPSI SISTEM KESELAMATAN DAN KEMANAN MASKAPAI PENERBANGAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA KAPOLRI SEGERA MENINDAK PUNGLI DI KAWASAN TERMINAL PELABUHAN TANJUNG PRIOK    PRESIDEN JOKOWI TEMUKAN LANGSUNG ADANYA PUNGLI DI KAWASAN TERMINAL TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   RUMAH SAKIT WISMA ATLET KEMAYORAN HAMPIR PENUH, PENGELOLA SIAPKAN TIGA TEMPAT TIDUR DALAM SATU KAMAR   PRESIDEN JOKOWI: PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO BERBASIS BANJAR DAN DESA ADAT DI BALI JUGA HARUS DIEFEKTIFKAN   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN KUNCI UTAMA PEMULIHAN EKONOMI BALI ADALAH KEMAMPUAN DALAM TANGANI PANDEMI