Kompas TV klik360 cerita indonesia

Potret Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram

Kamis, 6 Mei 2021 | 10:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Arab Saudi merilis foto detail untuk pertama kalinya Maqam atau jejak kaki Nabi Ibrahim saat membangun Ka’bah di Masjidil Haram.

Foto ini diambil dengan teknik baru menggunakan fokus panorama bertumpuk.

Maqam ini diabadikan dengan bingkai emas, perak dan kaca untuk mengawetkan jejak kaki Nabi Ibrahim.

Sebelumnya, Untuk pertama kalinya Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merilis foto-foto Hajar Aswad dengan resolusi tinggi pada Senin, 3 Mei 2021.

Foto Hajar Aswad seperti dilihat dari akun twitter Reasah Alharmain, dikumpulkan dengan teknologi terbaru yaitu Fox Stack Panorama.

Diperlukan waktu 7 jam dengan 1.050 gambar Fox Stack Panorama untuk mendapatkan foto beresolusi 49.000 megapixel. Proses editing foto juga membutuhkan waktu sekitar 50 jam.

Hajar Aswad ini terletak di sudut tenggara Ka’bah dan menjadi titik awal an akhir saat menjalankan tawaf.

Batu ini diyakini berasal dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim untuk ditempatkan di sudut Ka’bah.

Video Editor: Mukhammad Rengga

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:54
PBSI: SEMANGAT MARKIS KIDO HARUS JADI MOTIVASI BAGI PEBULU TANGKIS MUDA INDONESIA UNTUK BERPRESTASI   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   KEMENTERIAN KESEHATAN BRASIL SEBUT PASIEN COVID-19 KLASTER COPA AMERICA 2021 MENCAPAI 41 ORANG   OTORITAS JEPANG: SELURUH ATLET OLIMPIADE DAN PARALIMPIADE HARUS TAATI PERATURAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19   PEMERINTAH MALAYSIA SETUJUI PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 PFIZER UNTUK USIA 12 TAHUN KE ATAS   KOMPOLNAS MINTA PIHAK KEPOLISIAN UNTUK PATROLI RUTIN DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA   PT PELINDO II ANCAM BERHENTIKAN KARYAWANNYA YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR   SEBANYAK 1.271 PEGAWAI KPK YANG LOLOS TWK AKAN JALANI ORIENTASI ASN   RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN TAMBAH KAPASITAS TEMPAT TIDUR MENJADI 7.394 UNIT   BIO FARMA: JUMLAH STOK VAKSIN COVID-19 MAMPU PENUHI TARGET 1 JUTA VAKSINASI PER HARI   SATGAS COVID-19 OPTIMISTIS PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH AKAN RAMPUNG SESUAI TARGET DI DESEMBER 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH KOMITMEN LAKSANAKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TENGAH PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT 97 PERSEN OBAT-OBATAN DI INDONESIA MASIH IMPOR DARI LUAR NEGERI   PEMERINTAH LARANG KEGIATAN TEMPAT WISATA DI ZONA MERAH DAN ORANYE SELAMA PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO