Kompas TV klik360 cerita indonesia

Rizieq Shihab Tanya Saksi Ahli Tentang Perkataan yang Masuk Kategori Berbohong

Rabu, 5 Mei 2021 | 22:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa Muhammad Rizieq Shihab bertanya kepada saksi ahli sosiologi hukum, Trubus Rahadiansyah, tentang sesuatu perkataan yang dapat dikategorikan berbohong.

Pertanyaan itu disampaikan Rizieq Shihab saat sidang lanjutan kasus swab Rumah Sakit Ummi Bogor, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021).

Sebelum bertanya, Rizieq menganalogikan cerita seorang ayah yang merasa badannya sehat dan tidak mengalami gejala apa pun.

"Ada seorang ayah bertemu dokter. Ditanyakan: apakah anda sehat? Sang ayah menjawab, alhamdulillah saya sehat-sehat saja, saya tidak meriang, saya tidak demam, saya tidak pusing, makan saya normal," ucap Rizieq.

Rizieq melanjutkan, si ayah tersebut lalu ditawari oleh dokter agar melakukan tes untuk mengetahui apakah dirinya terpapar Covid-19. Karena menurut dokter, ada juga orang yang tanpa gejala (OTG).

"Setelah diperiksa PCR ternyata positif Covid. Dokter kasih tau: ternyata anda Covid, anda tidak sehat, anda berobat ya. Ini ada obat-obat, anda isolasi ya. Dan si ayah ini patuh: oh ya sudah kalau memang saya Covid, saya patuh isolasi, rawat, dapet obat dokter dipenuhi," tutur Rizieq.

Selesai beranalogi, Rizieq lalu bertanya kepada saksi ahli Trubus Rahadiansyah, apakah yang dikatakan sosok ayah di awal ceritanya tadi berbohong.

"Pertanyaan saya, singkat saja jawab, posisi si ayah pada saat pertama kali ditanya oleh si dokter: apakah anda sakit? dia jawab: ya saya sehat-sehat saja. karena belum ada pemeriksaan, dia juga tidak tahu. Pertanyaan saya: apakah jawaban si ayah tadi, pada yang pertama apa bisa dikategorikan bohong? Ahli: Bukan," ucap Rizieq yang langsung dijawab oleh saksi ahli.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:59
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138