Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mahasiswa di Malang Ciptakan Alat Olah Limbah Cair Panas Jadi Energi Listrik

Rabu, 5 Mei 2021 | 12:56 WIB

MALANG, KOMPAS.TV - Melihat belum maksimalnya pengolahan limbah cair panas pada industri, sekelompok Mahasiswa di Malang menciptakan alat untuk mengubah limbah cair panas menjadi energi listrik.

Alat yang diciptakan oleh lima Mahasiswa Teknik Mesin, elektro dan kimia Universitas Brawijaya Malang ini diberi nama Rotation.

Kelima mahasiswa tersebut tergabung dalam tim Legi atau Limbah to Energi.

Pembuatan Rotation ini berawal dari masih kurang maksimalnya pengolahan limbah cair panas yang dihasilkan oleh industri seperti pabrik gula.

Secara sederhana, cara kerja alat adalah limbah cair yang panas ditampung dalam sebuah wadah. Panasnya limbah cair ini diubah menjadi energi listrik, untuk 8400 liter limbah dalam sehari bisa menghasilkan energi listrik sebesar 2,3 kwh.

Tidak hanya itu, limbah cair juga masih harus melalui proses pengolahan dalam sebuah saringan. Sehingga air limbah yang keluar bisa berubah menjadi air bersih. Namun air bersih yang dihasilkan masih belum layak minum.

Meski demikian, setelah melalui uji laboratorium air yang dihasilkan setara dengan air bersih pada umumnya.

Saat ini rotation masih dalam bentuk prototipe namun tim berharap alat ini bisa diproduksi dan digunakan di industri.

Karena jika alat ini bisa digunakan, maka air limbah yang dihasilkan bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi peningkatan suhu air sungai karena limbah cair sudah melalui proses penyaringan dan pendinginan.

Video Editor: Rengga

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Nekat Mudik Kendarai Bajaj

Rabu, 5 Mei 2021 | 12:20 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:58
JPU HADIRKAN TIGA SAKSI DALAM KASUS TES USAP DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB YANG DIGELAR DI PN JAKTIM   SIDANG KASUS TES USAP RS UMMI BOGOR DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB DILANJUTKAN HARI INI   DALAM OPERASI KETUPAT 2021, SEBANYAK 155.000 PERSONEL GABUNGAN DITEMPATKAN DI 381 POS PENYEKATAN    KORLANTAS POLRI MENAMBAH TITIK PENYEKATAN MUDIK DALAM OPERASI KETUPAT 2021 DARI 333 TITIK JADI 381   KORLANTAS POLRI GELAR OPERASI KETUPAT 2021 PADA 6-17 MEI BERTEPATAN DENGAN KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK   ANTISIPASI PEMUDIK, PT JASA MARGA AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI SEJUMLAH JALAN TOL MULAI KAMIS DINI HARI    PEMPROV RIAU TARIK SELURUH MOBIL DINAS PNS AGAR TAK DIGUNAKAN UNTUK MUDIK   KEMENKES INGATKAN PEMDA UNTUK MEWASPADAI PENINGKATAN KASUS COVID-19 DI WILAYAH MASING-MASING   KEMENKES: 10 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF COVID-19 DALAM 4 MINGGU TERAKHIR   DIRLANTAS POLDA DIY KOMBES IWAN SAKTIADI WASPADAI MOBIL AMBULANS DISALAHGUNAKAN UNTUK MUDIK LEBARAN   ASDP MERAK MENCATAT 218.982 PENUMPANG MENYEBERANG KE PELABUHAN BAKAUHENI, LAMPUNG, SEJAK 28 APRIL HINGGA 4 MEI 2021   CEGAH KERUMUNAN, JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA MASYARAKAT BERBELANJA DARING JELANG LEBARAN   LARANGAN MUDIK, EPIDEMIOLOG UGM BAYU SATRIA MINTA PEMPROV DKI JAGA KETAT JALAN TIKUS KELUAR MASUK JAKARTA   CEGAH COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA PANGDAM & KAPOLDA DI SELURUH DAERAH AWASI KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA