Kompas TV regional update corona

Waspadai Lonjakan Kasus Corona Pasca Lebaran, Pemprov Kalbar Siapkan Sejumlah Antisipasi

Rabu, 5 Mei 2021 | 05:40 WIB
waspadai-lonjakan-kasus-corona-pasca-lebaran-pemprov-kalbar-siapkan-sejumlah-antisipasi
Penumpang menunggu jadwal keberangkatan di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu, 15 September 2019. (Sumber: Kompas.com)

PONTIANAK, KOMPAS.TV – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) mulai mengantisipasi potensi lonjakan kasus corona (Covid-19) pasca-Lebaran.

Kabupaten/kota diminta mewaspadai lonjakan kasus, termasuk meminta rumah sakit menyiapkan tambahan tempat tidur, obat, peralatan, dan tenaga kesehatan.

 “Diprediksi setelah Lebaran akan ada lonjakan kasus konfirmasi baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat Harisson, dilansir dari Kompas.id, Selasa (4/5/2021).

Ia melanjutkan, potensi lonjakan kasus Covid-19 saat ini juga bisa dipicu dari adanya mutasi virus yang sudah terdeteksi di Kalbar.

“Hal ini diketahui dari genom sequencing yang dilakukan Universitas Tanjungpura. Virus ini bukan saja menyebabkan penularan jauh lebih cepat, melainkan juga lebih ganas yang bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kasus kematian,” paparnya.

Saat ini, tingkat hunian ruang isolasi perawatan Covid-19 di rumah sakit se-Kalbar sudah 47 persen dan diperdiksi akan terus meningkat.

Dikhawatirkan, rumah sakit akan penuh seiring meningkatnya kasus sehingga membuat banyak pasien tidak dapat dilayani di rumah sakit.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:42
KEPALA SMPN 1 SEMAU SELATAN, KUPANG, DILAPORKAN KE POLISI ATAS DUGAAN PENGGELAPAN DANA BEASISWA INDONESIA PINTAR   PEMPROV JATIM GANDENG UNAIR DETEKSI DAN PEMETAAN MUTASI VARIAN BARU COVID-19 DI JAWA TIMUR    POLDA SUMSEL KERAHKAN 600 PERSONEL AWASI KENDARAAN YANG MELINTAS DI 33 POSKO PENYEKATAN   MULAI BESOK, JASA MARGA LAKUKAN PENYEKATAN DI KM 31 TAMBUN TOL JAPEK   POLDA METRO JAYA MINTA PEMPROV DKI TUTUP TEMPAT WISATA DI JAKARTA SAAT LIBUR LEBARAN   MUI INGATKAN PENGURUS MASJID DAN JEMAAH WAJIB MENGGUNAKAN MASKER SAAT BERIBADAH    EPIDEMIOLOG GRIFFITH UNIVERSITY AUSTRALIA DICKY BUDIMAN SEBUT MUDIK JARAK DEKAT JUGA BERISIKO SEBARKAN COVID-19   KEMENHUB: BUS DENGAN STIKER KHUSUS BUKAN MELAYANI PEMUDIK   KEMENHUB BERI PENGECUALIAN BAGI BUS YANG TETAP BEROPERASI PADA MASA LARANGAN MUDIK DENGAN BERI STIKER KHUSUS   PT KAI: KERETA JARAK JAUH HANYA UNTUK PERJALANAN MENDESAK ATAU UNTUK KEPENTINGAN NONMUDIK   SATGAS COVID-19: MOBILITAS PENDUDUK KE PUSAT PERBELANJAAN NAIK DI 6 PROVINSI DALAM 3 PEKAN TERAKHIR    ANTISIPASI COVID-19, SURAT EDARAN PEMKOT SURABAYA: MAL HANYA BOLEH DIKUNJUNGI 50% DARI KAPASITAS   SURAT EDARAN MENDAGRI: ASN DAN PEJABAT DILARANG GELAR "OPEN HOUSE" ATAU HALAL BIHALAL SAAAT IDUL FITRI    KEMENPAN DAN RB SERTA BKN TIDAK TERLIBAT DALAM PROSES TES WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP 1.349 PEGAWAI KPK