Kompas TV klik360 sinau

Mengapa Kursi Pesawat Kebanyakan Berwarna Biru?

Rabu, 5 Mei 2021 | 05:00 WIB

KOMPAS.TV - Pesawat adalah salah satu alat transportasi udara yang bisa mengangkut banyak penumpang dalam sekali perjalanan.

Selama perjalanan, penumpang tentunya akan duduk di kursi pesawat. Jika diperhatikan, kebanyakan pesawat memiliki kursi yang berwarna biru.

Mengapa kursi pesawat kebanyakan berwarna biru?

1. Warna biru dapat menyamarkan noda

Warna biru pada kursi pesawat dapat menyamarkan noda lebih baik dibandingkan dengan warna lain.

Hal ini bisa membantu para awak kabin menghemat waktu pembersihan di antara jam terbang.

Selain itu, maskapai penerbangan juga tidak harus mengganti kain pada kursi pesawat secara berkala.

2. Warna yang menenangkan

Warna biru biasa diasosiasikan dengan ketenangan, sementara itu tidak semua orang bisa bepergian menggunakan pesawat tanpa merasa takut.

Sehingga warna biru dipilih sebagai warna kursi untuk membuat penumpang merasa tetap tenang selama perjalanan.

3. Membuat ruangan terasa sejuk

Biasanya pesawat memiliki dua suhu, yaitu dingin sekali dan sangat panas yang menyesakkan.

Hembusan pendingin udara menimbulkan rasa dingin, namun banyak orang dalam ruangan sempit akan menyebabkan panas dan sesak.

Maka itu, maskapai mencoba membuat penumpang merasa nyaman dengan warna biru pada kursi untuk memberikan kesan sejuk.

Tidak hanya itu, warna biru juga dapat memberikan pesan akan kebersihan dan aroma yang segar.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:09
INGGRIS HANTAM KROASIA LEWAT GOL TUNGGAL STERLING PADA MENIT KE-57 DI PERTANDINGAN GRUP D PIALA EROPA 2020   SEBUAH MOBIL SUV PECAH BAN DAN TABRAK 3 MOTOR DI GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA, SATU ORANG TEWAS   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR   CEGAH PUNGLI, KAPOLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK MINTA PERUSAHAAN PENYELENGGARA JASA PELABUHAN PERKETAT PENGAWASAN   POLRES JAKARTA UTARA TAMBAH 90 PERSONEL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK UNTUK PATROLI DI WILAYAH RAWAN SAAT JAM SIBUK   DISHUB DKI JAKARTA PASTIKAN UJI COBA JALAN LAYANG NON-TOL UNTUK LINTASAN PESEPEDA “ROAD BIKE” BERLANJUT   SEJUMLAH WARGA JABODETABEK AJUKAN GUGATAN GANTI RUGI KEPADA MANTAN MENSOS JULIARI BATUBARA TERKAIT KORUPSI BANSOS   WAKIL BUPATI GARUT HELMI BUDIMAN SEBUT KASUS COVID-19 TEMBUS ANGKA 200 DALAM DUA HARI TERAKHIR   PEMERINTAH PARIGI MOUTONG, SULAWESI TENGAH SEBUT TANAMAN JAGUNG MASIH JADI KOMODITAS PRIORITAS PANGAN   PEMERINTAH AKAN BUKA GEDUNG TOWER 8 WISMA ATLET UNTUK TAMPUNG PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KEPALA BNPB: PEMERINTAH AKAN TINGKATKAN JUMLAH “TRACING” DAN “TREATMENT” SEBAGAI STRATEGI KENDALIKAN PANDEMI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT COVID-19 VARIAN INDIA MASUK MELALUI PEKERJA MIGRAN YANG KEMBALI LEWAT PELABUHAN   MENTERI LHK SITI NURBAYA HARAP REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN DI DANAU TOBA DAPAT TINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR APRESIASI KEHADIRAN PERTASHOP YANG SALURKAN BBM DI PERDESAAN