Kompas TV regional berita daerah

Kampung Ketupat Ramai Jelang Lebaran

Selasa, 4 Mei 2021 | 13:36 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Dihari Raya Idul Fitri, tak lengkap rasanya tanpa ada ketupat untuk disantap dihari kemenangan bagi umat muslim, usai melewati bulan puasa.

Tak heran para pengrajin ketupat bisa meraup keuntungan berlipat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Seperti yang dialami warga kampung ketupat yang ada di Jalan Mangkupalas, Kelurahan Mesjid, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Setelah dinobatkan oleh walikota Samarinda sebagai kampung ketupat sejak 11 Agustus 2017,  kini menjadi salah satu destinasi wisata baru di ibu kota Kalimantan Timur.

Dikampung ini mayoritas warganya adalah pembuat kerajian ketupat, Syamsiah salah satu warga  pengrajin, sekaligus ketua kelompok pembuat ketupat telah puluhan tahun sebagai pedagang ketupat.

Setiap harinya, Syamsiah  mampu membuat anyaman ketupat hingga 300 ketupat dengan berbagai macam ukuran, ada yang besar, sedang dan kecil dengan harga bervariatif dari harga 25 ribu per ikat hingga 50 ribu sesuai ukuran.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri permintaan menigkat, bahkan para pengrajin kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar.

Selain itu, sisa dari bahan baku ketupat ini juga bisa di buat menjadi berbagai kerajinan lain, 

misalnya  dijadikan sapu dan piring nasi serta tempat buah, Nah bagi anda yang sedang berada di Samarinda, tak perlu pusing mencari ketupat untuk di Hari Raya.

#IdulFitri#KampungKetupat#PengrajinKetupat

Penulis : KompasTV Tenggarong





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:55
KETUA DPP PDI-P AHMAD BASARAH MENYATAKAN PARTAINYA TOLAK WACANA MASA JABATAN PRESIDEN TIGA PERIODE   MENTERI BUMN ERICK THOHIR BERHARAP LAMPUNG JADI TUJUAN PARIWISATA NASIONAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENDAPAT GELAR ADAT KEHORMATAN DARI MARGA DANTARAN, LAMPUNG    MENSOS TRI RISMAHARINI TARGETKAN PEMBANGUNAN RUSUNAWA UNTUK PMKS DI KOTA BEKASI BISA SELESAI AKHIR TAHUN INI   KEMENKES MINTA DINKES KABUPATEN/KOTA DI WILAYAH BANDUNG RAYA DAN BODETABEK GENCARKAN VAKSINASI COVID-19    HINGGA SAAT INI BARU 11,4 PERSEN WARGA BRASIL YANG TELAH MENJALANI VAKSINASI COVID-19 SECARA PENUH   PRESIDEN BRASIL JAIR BOLSONARO DIDEMO SETELAH KASUS KEMATIAN PASIEN COVID-19 TEMBUS 500.000 JIWA    SATGAS: DALAM SEHARI, 13 WARGA KABUPATEN INDRAMAYU, JABAR, YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 MENINGGAL DUNIA   KAPOLDA METRO JAYA PERINTAHKAN JAJARAN KAPOLSEK BATASI KEGIATAN MASYARAKAT DI ZONA ORANYE COVID-19   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN FADIL IMRAN ANCAM BUBARKAN WARGA YANG BERKERUMUN DI ZONA ORANYE COVID-19 DKI JAKARTA   SATGAS: PENAMBAHAN KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA DALAM ENAM HARI TERAKHIR MENCAPAI 22.350    PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT TETAP PATUH PROTOKOL KESEHATAN AGAR PANDEMI COVID-19 SEGERA TERKENDALI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP “HERD IMMUNITY” DI INDONESIA DAPAT SEGERA TERBENTUK   HINGGA SAAT INI, INDONESIA TELAH MENERIMA SEBANYAK 104.728.400 DOSIS VAKSIN DARI SINOVAC, ASTRAZENECA, DAN SINOPHARM