Kompas TV entertainment lifestyle

Timeline Unik di Depok Versi Netizen: Babi Ngepet, Nabi Musadeq hingga Lagu di Lampu Merah

Minggu, 2 Mei 2021 | 08:46 WIB
timeline-unik-di-depok-versi-netizen-babi-ngepet-nabi-musadeq-hingga-lagu-di-lampu-merah
Adam Ibrahim (44) ditetapkan sebagai tersangka. Adam merupakan aktor utama penyebar berita bohong terkait babi ngepet di daerah Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat. (Sumber: TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gara-gara kasus Babi Ngepet muncul di Sawangan Depok, Jawa Barat, pada Selasa (27/4/2021), hashtag Depok di media sosial Twitter sempat menjadi ramai. Hal ini terjadi pasca-ditangkapnya otak di balik isu babi ngepet yang viral beberapa hari lalu. 

Jika dirunut ke belakang, ternyata isu babi ngepet bukan hal baru di Depok. Pada 2008, isu babi ngepet juga sempat muncul dan terjadi di Sawangan, Depok.

Baca Juga: Ibu Wati yang Viral Karena Babi Ngepet Ternyata Buka Jasa Paranormal

Mengutip perbincangan seru netizen @whenscarves di Twitter, berikut timeline unik dan viral yang pernah terjadi di Depok versi netizen.

  • 1993: Kemunculan pocong
  • 1995: Pembangunan fasilitas roket nuklir (ternyata tower masjid kubah mas)
  • 1997: Tuyul
  • 1990: Depok memisahkan diri dari Bogor
  • 2003: Vampir
  • 2004: Kolor Ijo, Kala itu rentetan fenomena ini terjadi mulai dari perampokan yang hanya memakai celana kolor berwarna hijau di Bekasi hingga merembet ke Depok, dimana seorang wanita yang bernama Daryanti, kesurupan disangka menjadi korban Kolor Ijo. Akibatnya, warga Kampung Setangklek, Beji, Depok gempar. 
  • 2008: Babi ngepet jilid 1. Kala itu Warga di Sawangan, Depok, khususnya di RW 004 dan RW 006 di sejumlah RT pernah diterpa isu pria asing berbaju hitam yang bisa berubah menjadi babi ngepet pada 2014. Isu yang beredar saat itu, tiap ada pria berbaju hitam di tengah malam dekat pemakaman akan otomatis disangka babi ngepet.
  • 2012: Kelahiran Begal
  • 2016: Musadeq Mengaku Nabi. Depok juga pernah dihebohkan oleh pria bernama Ahmad Moshaddeq alias Abdussalam, yang mengaku sebagai nabi. Pria ini tinggal di Kecamatan Beji, Depok, 
  • 2017: Keranda Terbang
  • 2019: Winardi mengaku Imam Mahdi. Warga Depok, Jawa Barat dibuat geger oleh Winardi, seorang lelaki mengaku sebagai Imam Mahdi. Winardi bersama pengikutnya menggelar pertemuan di rumahnya di kawasan Sawangan, Depok.
  • 2020: Kasus Covid pertama
  • 2021: Babi Ngepet Reborn, kasus terbaru dimana Ustad Adam Ibrahim ditetapkan sebagai tersangka penyebaran berita bohong atau hoax soal babi ngepet di Sawangan, Depok. Adam Ibrahim mengarang cerita hingga menyiapkan seekor babi untuk menyempurnakan kisahnya itu. Tersangka merekayasa dengan memesan babi secara online," jelas Kapolresta Depok Kombes Imran Siregar dalam jumpa pers di kantornya, Jl Margonda Raya, Depok, Kamis (29/4/2021).

Tak selesai sampai disitu banyak netizen menambahkan hal-hal unik yang juga pernah terjadi di Depok. Seperti cuitan @dendypra.

  • Gerakan makan pakai tangan kanan (2008)
  • Depok Cyber City (2011)
  • One Day No Rice, setiap selasa tidak makan nasi (2012)
  • Lagu Walikota di Lampu Merah (2018) 

Baca Juga: Ibu Wati, Sosok Viral yang Sebut Tetangganya Babi Ngepet Diusir Warga

"Nambahin. 2018,  Viral Hujan di 1 rumah, ternyata torrent bocor, nyesel pas dicari tahu," cuit @paulusyp.

"Kurang, ada bayi kambing mirip manusia," cuit @raisakwsuper_

"Jangan lupa, punya mata uang sendiri (seraya mengunggah capture berita "Zaim Saidi Jadi Pencetus Dinar-Dirham Depok yang jadi Tersangka")," cuit @dadangpml.

"Ada yang kelupaan 1714 : Depok merdeka sebelum indonesia merdeka," cuit @masroy33.

Penulis : Ade Indra Kusuma

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19