Kompas TV video sinau

Singapura Negara Paling Tahan Pandemi, Bagaimana dengan Indonesia?

Kompas.tv - 1 Mei 2021, 09:47 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Singapura menempati peringkat pertama sebagai negara terbaik dalam menghadapi pandemi Covid-19, menggeser Selandia Baru ke peringkat kedua.

Peringkat ini ditentukan berdasarkan Covid Resilience Ranking yang dirilis Bloomberg pada 26 April 2021. Data yang diolah merupakan data terakhir yang diambil per tanggal 25 April 2021.

Covid Resilience Ranking adalah daftar peringkat yang menunjukkan di negara mana saja Covid-19 bisa ditangani secara efektif, dengan tingkat kematian rendah, kemudahan akses vaksin, dan kebebasan berpindah.

Dari 5,7 juta penduduk Singapura, tercatat lebih dari 61 ribu kasus Covid-19 dengan angka kematian 30 orang.

Sementara di Selandia Baru, tercatat 2.601 kasus dari 5,1 juta penduduk dengan angka kematian 26 orang.

Namun, tingkat vaksinasi di Singapura telah mencapai 19,4 persen dari populasi, sedangkan Selandia Baru masih sebesar 1,9 persen.

Selain Singapura dan Selandia Baru, daftar 10 besar negara dengan resilience tertinggi yaitu Australia, Israel, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Uni Emirat Arab, Finlandia, dan Hong Kong.

Bloomberg juga menyatakan, tiga negara teratas yaitu Singapura, Selandia Baru, dan Australia memberikan "kualitas hidup pra-pandemi" kepada penduduk mereka, dengan pengecualian perjalanan internasional.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dalam peringkat yang dirilis Bloomberg, Indonesia berada pada posisi ke 34 dengan tingkat vaksinasi hanya 3,5 persen dari populasi.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 per tanggal 29 April 2021, tercatat ada lebih dari 1,6 juta kasus positif di Indonesia dengan angka kematian yang mencapai 45 ribu jiwa.

Sementara itu dari 270 juta jiwa penduduk Indonesia, vaksinasi telah diberikan kepada lebih dari 12 juta penduduk untuk dosis pertama, dan lebih dari 7,5 juta penduduk untuk dosis kedua.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan dapat menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada 181,5 juta penduduk Indonesia untuk menciptakan kekebalan kelompok.(*)

Grafis: Arief Rahman




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x