Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Pangkalan Udara Myanmar Diserang Roket, Diduga Serangan Balasan Pemberontak

Kompas.tv - 29 April 2021, 23:23 WIB
dua-pangkalan-udara-myanmar-diserang-roket-diduga-serangan-balasan-pemberontak
Pos militer Myanmar (kiri atas) yang berhasil direbut gerilyawan Karen tampak dari Mae Sam Laep, Thailand pada Kamis (29/4/2021). (Sumber: UGC via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV – Sejumlah roket ditembakkan ke dua pangkalan udara pemerintah di Magway dan Meiktila di tengah Myanmar pada Kamis (29/4/2021). Namun, junta militer Myanmar menyatakan, tak ada korban dalam serangan yang menyebabkan sejumlah kerusakan itu.

Melansir The Associated Press, belum ada pihak atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket tersebut, dan pihak junta tengah mencari pelakunya.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Serang Dua Suku Minoritas Kachin dan Karen Lewat Udara

Kapten Aye Thazin Myint, juru bicara junta, menyatakan, sebanyak empat buah roket berukuran 107 milimeter ditembakkan ke pangkalan udara di Magway pada Kamis (29/4/2021) pukul 3 dini hari.

Tiga roket mendarat di sebuah lapangan dan sisanya mendarat di sebuah ruas jalan. Sebuah gedung mengalami kerusakan minor dalam serangan yang menurut pihak junta berasal dari dua desa terdekat itu.

“Di pangkalan udara di Meiktila, lima buah roket ditembakkan antara pukul 5 hingga 9 pagi,” terang Myint pada para wartawan dalam konferensi pers di Naypyidaw, Kamis (29/4/2021). “Suara tembakan di desa-desa terdekat juga terdengar.”

Roket-roket tersebut biasanya digunakan oleh kelompok pemberontak lantaran harganya yang murah dan mudah digunakan, meskipun tidak terlalu akurat.

Junta militer yang menggulingkan kekuasaan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada kudeta 1 Februari lalu, kini tengah terlibat dalam perang terbuka dengan para gerilyawan dari minoritas Kachin dan Karen. Kedua suku minoritas ini bersekutu dengan gerakan protes menentang kekuasaan miliiter.

Asap mengepul dari kamp Tentara Myanmar dekat perbatasan Myanmar dan Thailand Selasa 27 April 2021. Gerilyawan etnis Karen merebut pangkalan militer Myanmar Selasa, (27/4/2021) (Sumber: Transborder News via AP)

Kachin di utara Myanmar dan Karen di timur, telah memerangi pemerintah pusat selama beberapa dekade demi memperjuangkan otonomi yang lebih luas. Sejumlah periode konflik bersenjata dan gencatan senjata yang tak stabil telah mereka lalui.

Selama beberapa bulan terakhir, kedua kawasan di Myanmar tersebut mengalami peningkatan aktivitas peperangan dan menjadi sasaran serangan udara dan darat dari pasukan pemerintah. Pada Selasa (27/4/2021), suku Karen berhasil merebut sebuah pos militer pemerintah di perbatasan Myanmar – Thailand.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x