Kompas TV internasional kompas dunia

India Krisis Pasokan Oksigen dan Ruang Rawat, Pasien Ditaruh di Dalam Mobil dan Bajaj

Kompas.tv - 27 April 2021, 11:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

INDIA, KOMPAS.TV - Tsunami infeksi covid-19 di India terus berlanjut, warga kini dihadapkan dengan ketidak tersediaan ruang rawat.

Krisis ketersediaan oksigen dan ruang rawat rumah sakit di India kini berlanjut.

Banyak pasien yang kini harus rela dirawat di dalam mobil atau bajaj yang membawa mereka ke rumah sakit.

Beberapa pasien mengaku telah dirawat di dalam mobilnya sendiri selama 8 hari terakhir dan belum ada tanda-tanda akan masuk ke ruang rawat rumah sakit.

Meski menghadapi lonjakan jumlah pasien positif covid-19 dan kelangkaan pasokan oksigen serta ruang rawat pasien, pemerintah India minta warga tidak panik dan tetap tenang.

Pemerintah India menyatakan mereka tengah berbuat sebaik mungkin untuk memastikan ketersediaan oksigen bagi seluruh pasien.

Mantan direktur penyakit menular WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Adhitama, menyebut di akhir tahun 2020, kasus covid-19 di India sempat turun 10 kali lipat dari 90 ribu kasus menjadi 9 ribu tanpa vaksin. Namun, kini kasus melonjak naik hingga 30 kali lipat.

Dilansir dari Kompas.com, BBC melaporkan, hingga Minggu (25/4/2021) pagi, India melaporkan lebih dari 349.691 kasus dalam 24 jam dan 2.767 kematian lainnya. Namun, angka sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x