Kompas TV internasional kompas dunia

Mengapa Kemenangan Chloe Zhao Penting Bagi Perempuan Asia di Hollywood? Ini Sebabnya

Selasa, 27 April 2021 | 10:05 WIB
mengapa-kemenangan-chloe-zhao-penting-bagi-perempuan-asia-di-hollywood-ini-sebabnya
Chloe Zhao, sutradara perempuan Asia yang megukir sejarah di industri film Hollywood dengan menyabet penghargaan sebagai sutradara terbaik di ajang Oscar. (Sumber: Taylor Jewell/Invision via AP)

HOLLYWOOD, KOMPAS.TV – Ternyata butuh waktu 93 tahun bagi Academy Awards alias Oscar untuk menunjuk seorang perempuan Asia sebagai seorang sutradara terbaik.

Dan hingga tahun ini, tercatat hanya lima perempuan, semuanya kulit putih, yang sempat dinominasikan dalam kategori bergengsi itu, dan hanya seorang perempuan yang menang: Kathryn Bigelow di tahun 2010 dengan film "The Hurt Locker".

Namun, semua itu berubah pada Minggu malam (25/4/2021) saat Chloe Zhao membawa pulang Oscar berkat filmnya, “Nomadland”. Film itu bercerita tentang perjalanan seorang perempuan pengembara yang berusia sekitar 60an tahun (diperankan oleg Frances McDormand) melintasi Amerika Barat menggunakan sebuah mobil van.

Baca Juga: Chloe Zhao, Sutradara Wanita China Pertama yang Menyabet Piala Oscar

Melansir CNN, kemenangan sutradara asal China itu menegaskan bahwa perempuan Asia pun dapat memberi dampak dalam industri hiburan, yang sebelumnya kerap menjadikan mereka sebagai obyek belaka.

Obyek Fantasi Erotis Belaka

Di Hollywood, keberadaan perempuan Asia kerap dilihat sebagai obyek keinginan fantasi dan erotis melalui kacamata lelaki Barat.

Contoh obyektifikasi semacam ini ada dalam penggambaran seorang pelacur Vietnam dalam film “Full Metal Jacket” garapan Stanley Kubrick di tahun 1987.

Penggambaran serupa juga tampak dalam film “Rush Hour 2”, saat barisan para pekerja seks komersial Asia ditampilkan tanpa karakter dan latar belakang.

Film "Full Metal Jacket" (1987) menggambarkan sosok perempuan Asia sebagai obyek  fantasi erotis dari kacamata lelaki Barat. (Sumber: Mary Evans/Ronald Grant/Everett Collection)

Di dunia hiburan, perempuan Asia Amerika kerap dihadapkan pada terbatasnya peran yang dapat mereka mainkan, terutama di awal karir mereka.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19