Kompas TV internasional kompas dunia

33 Tentara Nigeria Tewas Dalam Serbuan Kelompok Pemberontak Islam Garis Keras di Nigeria Timur Laut

Kompas.tv - 26 April 2021, 23:34 WIB
33-tentara-nigeria-tewas-dalam-serbuan-kelompok-pemberontak-islam-garis-keras-di-nigeria-timur-laut
Tentara Nigeria melewati sekolah menengah Ilmu Pemerintah di Kankara, Nigeria, Rabu, 16 Desember 2020. (Sumber: AP Photo/Sunday Alamba)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAINOK, KOMPAS.TV - Kelompok militan menyerbu pangkalan militer di timur laut Nigeria, menewaskan lebih dari 30 tentara sebelum mundur dalam menghadapi serangan udara, kata tentara dan seorang warga seperti dilansir France24, Senin (26/4/2021).

Para penyerang diyakini berasal dari cabang regional ISIS. Mereka menyerang pangkalan di kota Mainok di timur laut negara bagian Borno pada Minggu sore, tiga tentara dan penduduk, seperti dikutip France24.

Meningkatnya ketidakamanan di Nigeria telah menewaskan sejumlah tentara dan warga sipil tahun ini. Lebih dari sebulan lalu, sekitar 30 tentara tewas dalam empat serangan oleh kelompok militan Islam di timur laut Nigeria.

Seorang juru bicara militer mengatakan mereka akan mengeluarkan pernyataan tentang insiden itu tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

Sumber tersebut mengatakan 33 tentara tewas dalam serangan hari Minggu itu. Para militan mengenakan kamuflase militer dan tiba dengan sekitar 16 truk senjata dan enam kendaraan militer tahan ranjau, kata salah seorang tentara. Setelah beberapa jam, mereka merebut pangkalan dan tentara meminta serangan udara.

Baca Juga: Keluarga 300 Anak Perempuan yang Diculik di Nigeria Menunggu dengan Cemas

Aliyu Ladan Jangebe, ayah yang keempat anak perempuannya diculik oleh gerombolan bersenjata dari sekolah mereka di Desa Jangebe, Zamfara, Nigeria. (Sumber: AP Photo/Ibrahim Mansur)

Lebih banyak tentara tewas ketika gerilyawan menyergap bala bantuan yang dikirim untuk membantu, kata sumber-sumber tentara itu. Seorang penduduk mengatakan para penyerang juga membakar markas polisi kota.

"Saya melihat mereka saat bertempur dengan tentara," kata penduduk Ba Umar Abba Tuja.

"Ketika jet tempur mulai melayang di udara, (militan) melarikan diri ke komunitas dan bersembunyi di sekolah dasar."

Tuja mengatakan para militan pergi sekitar tengah malam.

Seorang tentara mengatakan serangan udara justru menghantam pasukan militer karena pakaian mereka yang serupa dengan para militan.

Angkatan Udara Nigeria, dalam sebuah unggahan di Twitter, mengatakan sedang menyelidiki masalah itu.

Mainok berjarak sekitar 55 km (30 mil) dari Maiduguri, ibu kota negara bagian Borno.

Pemberontakan kelompok Islam telah melanda Nigeria timur laut selama lebih dari satu dekade, menewaskan lebih dari 30.000 orang dan membuat sedikitnya 2 juta orang mengungsi.

Negara Islam Provinsi Afrika Barat, yang memisahkan diri dari Boko Haram beberapa tahun lalu, kini melancarkan serangannya sendiri terhadap tentara dan warga sipil di wilayah tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x