Kompas TV regional berita daerah

Siaran TV Analog Akan Berganti ke TV Digital

Kompas.tv - 26 April 2021, 13:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah berencana akan membagikan set top box secara gratis kepada masyarakat terkait migrasi TV analog ke digital. TV digital dipandang lebih banyak manfaat selain gambar bersih, suara jernih juga teknologi canggih. 

Ditemui saat sosialisasi TV analog ke TV digital yang diselenggarakan Kominfo Jawa Tengah, Komisioner KPID Jawa Tengah, Muhammad Aulia berharap untuk insan pertelevisian siap melakukan perubahan yaitu migrasi TV analog ke TV digital. Menurut Aulia, banyak kelebihan manfaat TV digital dibanding TV analog yang selama ini disuguhkan ke masyarakat, diantaranya gambar TV digital lebih bersih, suara lebih jernih dan berteknologi canggih.

Diakui selama ini terjadi tarik ulur untuk migrasi ke TV digital terkait kebijakan dari pemerintah sendiri, sehingga sampai saat ini masih sedikit yang migrasi ke TV digital. Jika dibanding dengan negara maju, Indonesia tertinggal 7 tahun dalam pemanfaatan TV digital.

Pada migrasi TV digital, masyarakat pun nantinya direpotkan dengan penambahan alat baru yaitu Set Top Box (STB) yang harganya mencapai 300 ribu rupiah.

Terkait Set Top Box, pemerintah berencana akan membantu warga tertentu secara gratis yang akan dibagikan berbarengan dengan pembagian BLT. Langkah lain pemerintah akan menekan harga STB sekitar 100 hingga 150 ribu rupiah.

Pada pergantian ke TV digital juga akan berdampak pada pengawasan yang dilakukan KPI. Secara otomatis dengan banyaknya TV digital akan menambah jumlah personil pengawas TV digital yang selama ini tenaga pengawas masih terbatas. 

 

#TVDigital #TVAnalog #SetTopBox
 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x