Kompas TV internasional kompas dunia

AS Berjanji Kirim Bantuan Medis Ke India Untuk Tanggulangi Tsunami Covid-19

Kompas.tv - 26 April 2021, 04:30 WIB
as-berjanji-kirim-bantuan-medis-ke-india-untuk-tanggulangi-tsunami-covid-19
Seorang lelaki tampak menangisi kerabatnya yang meninggal akibat Covid-19 di Srinagar, wilayah Kashmir yang diduduki India, pada Minggu (25/4/2021). (Sumber: AP Photo/Mukhtar Khan)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Amerika Serikat (AS) menjanjikan bantuan medis segera ke India untuk membantu menanggulangi tsunami Covid-19 yang tengah melanda India.

Penasehat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan telah mengadakan pembicaraan melalui telepon dengan koleganya di India, penasehat keamanan nasional India Ajit Kumar Doval pada Minggu (25/4/2021).

Melansir Associated Press, dalam pembicaraan tersebut, Sullivan menyatakan simpati dan dukungannya.

Baca Juga: Tsunami Covid-19 di India, Lahan Pemakaman Nyaris Penuh dan Krematorium Kewalahan

Gedung Putih menyatakan, AS tengah bekerja sepanjang waktu untuk segera mengirimkan bantuan berupa obat-obatan, alat penguji Covid-19 dengan diagnostik cepat, ventilator, dan alat pelindung diri ke India. AS juga akan berupaya mengirimkan bantuan pasokan oksigen.

Baca Juga: India Bangun 16 Pabrik Tabung Oksigen di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19

Lebih lanjut Gedung Putih menyatakan, pihaknya telah mengidentifikasi sumber bahan mentah yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi vaksin Covishield di India, dan akan menyediakannya.

Negeri Paman Sam juga berniat membayar perluasan kapasitas produksi BioE, pembuat vaksin di India, agar dapat meningkatkan produksi hingga setidaknya 1 miliar dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2022.

Baca Juga: India Hadapi Tsunami Covid-19, Warganya Charter Pesawat Masuk ke Indonesia

Sebuah tim yang terdiri dari sejumlah penasehat kesehatan publik AS dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan USAID juga akan dikirim untuk membantu para pejabat India dalam menangani tsunami Covid-19 yang melanda India.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x