Kompas TV tekno internet

Penting! Ini Cara untuk Mengetahui Apakah Data Pribadi Anda Bocor

Minggu, 25 April 2021 | 08:47 WIB
penting-ini-cara-untuk-mengetahui-apakah-data-pribadi-anda-bocor
Ilustrasi kebocoran data di internet (Sumber: Shutterstock)

SOLO, KOMPAS.TV - Jagat maya sempat dihebohkan dengan keluhan seorang warganet soal tagihan kartu kredit yang membengkak. Sementara dirinya tidak pernah sengaja membuat juga menggunakannya. Diduga, kasus itu terjadi karena data pribadi warganet tersebut bocor.

Tak lama berselang, akun Twitter @nmonarizqa viral sebab utas yang dibuatnya membahas mengenai upaya pencegahan atau mitigasi kebocoran data. Utas tersebut hingga Minggu, (25/4/2021) sudah tembus dengan jumlah suka sebanyak 25,1 ribu, 10 ribu retweet, dan 108 balasan.

Pemilik akun dengan nama lengkap Nurvirta Monarizqa yang bekerja di industri data ini menilai, kesadaran privasi di Indonesia masih rendah. Baik itu secara perorangan atau lembaga, padahal siapapun punya kapasitas menjadi korban.

Berikut langkah mitigasi kebocoran data yang dapat kamu lakukan:

1. Cek kebocoran data lewat situs

Nah, untuk mengetahui apakah kamu menjadi korban kebocoran data atau data breach, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek data pada situs haveibeenpwned.com. Dengan cara memasukkan email yang ingin kamu cek. Di situs tersebut kamu akan diberitahu data apa saja yang sudah bocor, seperti password, tanggal lahir, jenis kelamin, atau mungkin nomor induk kependudukan. Bahkan, bisa mengidentifikasi aplikasi apa saja di gawai yang telah mengetahui data pribadimu.

2. Cek informasi debitur di SLIK secara berkala

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:07
PENGADILAN TIPIKOR VONIS 5,5 TAHUN PENJARA MANTAN PEJABAT BANK BJB DALAM KASUS KREDIT FIKTIF RP 8,7 MILIAR   BMKG PREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH DKI JAKARTA AKAN DIGUYUR HUJAN RINGAN PADA SIANG HINGGA SORE HARI INI   TIMNAS INGGRIS TAKLUKKAN AUSTRIA 1-0 DALAM LAGA UJI COBA PIALA EROPA 2020 DI STADION RIVERSIDE, MIDDLESBROUGH   KEMENLU MALAYSIA LAYANGKAN PROTES DIPLOMATIK KE TIONGKOK TERKAIT INSIDEN 16 PESAWAT MILITER MASUK KE WILAYAHNYA   POLISI UNGKAP PRAKTIK INVESTASI BODONG SENILAI RP 28 MILIAR LEBIH DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR   DPR MINTA KEMENHAN PERJELAS RENCANA INDUK PERTAHANAN NASIONAL TERUTAMA TERKAIT DENGAN PENGADAAN ALUTSISTA   JAKSA AGUNG BENTUK SATUAN TUGAS KHUSUS TANGANI KASUS YANG BERKAITAN DENGAN PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA AKAN TETAP DIMULAI PADA JULI 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH TERUS FOKUS UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN   MENKOP UKM TETEN MASDUKI APRESIASI KEMITRAAN “MARKETPLACE” DARING DENGAN BUMNDES DIGITALISASI UMKM DI JAWA BARAT   KEMENKES: PENYANDANG DISABILITAS DAPAT DILAYANI VAKSINASI COVID-19 DI MANA PUN DI INDONESIA   PEMKOT SURABAYA TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP 3 KEPADA ODGJ, WARGA RUSUN, DAN MASYARAKAT PENGHASILAN RENDAH   SEBANYAK 37 GURU DAN TENAGA PENDIDIK SMAN 4 PEKALONGAN, JAWA TENGAH, TERPAPAR COVID-19   BERPOTENSI MUNCULKAN KLASTER COVID-19, RATUSAN LAPAK PKL DI KAWASAN PUNCAK, BOGOR, DIBONGKAR SATPOL PP