Kompas TV regional berita daerah

Kue Bolen Kurma, Rasa Manis Legit Pas Untuk Buka Puasa

Kompas.tv - 24 April 2021, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Buah kurma dapat disajikan dengan berbagai cara, salah satunya kue bolen kurma. Kuliner ini memadukan kurma dengan adonan tepung dan keju. Rasanya yang manis legit membuat kuliner ini cocok dijadikan takjil buka puasa.

Kue bolen kurma salah satunya diproduksi oleh Riska, seorang ibu rumah tangga asal Perumahan Taman Gading, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Baca Juga: Bongko Kopyor, Kuliner Spesial Ramadan Turun Temurun

Umumnya kue bolen berisi potongan pisang, adonan kacang dan juga cokelat. Namun kue bolen kreasi Riska justru berisi kurma. Rasa buah kurma yang terkenal manis dan legit, sangat cocok dipadukan dengan adonan tepung dan keju.

Cara pembuatan kue bolen kurma terbilang sederhana yakni buat adonan tepung yang dicampur dengan mentega, telur, gula, vanili dan sejumlah bahan lainnya. Lalu adonan itu dijadikan lembaran kecil-kecil yang digunakan untuk membungkus buah kurma yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Setelah itu masukkan cetakan kue bolen ke dalam oven pemanas. Suhu dan waktu pengovenan diatur khusus agar rasa manis legit buah kurma berkurang sehingga terasa nikmat saat dikonsumsi.

Baca Juga: Nikmatnya Pempek Cordon Bleu, Perpaduan Kuliner Palembang dan Eropa

Riska sengaja memproduksi kue bolen kurma di Bulan Ramadan. Jajanan ini dijual sebagai takjil buka puasa dengan harga 35 ribu rupiah per kotak yang isi 10 buah kue bolen kurma.

Kue bolen kurma ini laris manis diburu warga. Bahkan Riska mengaku kewalahan memenuhi permintaan sejumlah toko penjual kue. Dalam sehari selama Ramadan, ia harus memproduksi 100 kotak kue bolen kurma.

 

#KueBolen #BolenKurma #Takjil #Kuliner #BukaPuasa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x