Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani Bangga Dana Abadi LPDP Tembus Rp 70,1 Triliun, Guru dan Dosen akan Kecipratan

Kompas.tv - 24 April 2021, 12:30 WIB
sri-mulyani-bangga-dana-abadi-lpdp-tembus-rp-70-1-triliun-guru-dan-dosen-akan-kecipratan
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). (Sumber: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadhilah | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dana abadi yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) jumlahnya cukup fanatastis, yakni sudah terakumulasi sebesar Rp 70,1 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahkan menyebut hal ini merupakan suatu kenaikan yang luar biasa.

Pasalnya, sejak LPDP dibentuk, awalnya dana abadi hanya sebesar Rp 1 triliun.

Baca Juga: LPDP Buka Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Ketentuannya

Di dalam dana abadi itu terdapat dana abadi pendidikan sebesar Rp 61,1 triliun, dana abadi penelitian Rp 4,99 triliun, dana abadi untuk perguruan tinggi Rp 3 triliun, dan dana abadi untuk kebudayaan Rp 1 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selama ini terus mencoba untuk mengelola belanja negara yang begitu besar pada anggaran pendidikan.

Awalnya, sistem anggaran mengharuskan alokasi belanja dihabiskan dalam satu tahun anggaran.

Maka, Kemenkeu mulai merintis pembentukan dana abadi.

Dengan begitu, alokasi anggaran 20 persen tersebut dapat didesain dengan program yang tidak harus dihabiskan pada satu tahun anggaran.

“Pembentukan dana abadi dalam bentuk dana abadi pendidikan yang kemudian dikenal untuk membiayai beasiswa baik yang sifatnya reguler, afirmasi maupun untuk ASN TNI Polri itu merupakan suatu pemikiran untuk menciptakan sebuah dana yang bermanfaat antargenerasi atau intergenerational fund,” ungkapnya dalam keterangan resmi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

“Kita berharap Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kementerian Agama betul-betul memikirkan desain dari penggunaan ini yang betul-betul bisa dimanfaatkan antargenerasi,” sambung Sri Mulyani.

Baca Juga: Korporasi Harus Dilibatkan untuk Mengembangkan Dana Abadi Pendidikan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x