Kompas TV regional kriminal

Kepala Desa Sekitar Gunung Liman, Kecam Pelaku Penambang Liar di Hutan Sakral Masyarakat Baduy

Kompas.tv - 23 April 2021, 12:54 WIB
kepala-desa-sekitar-gunung-liman-kecam-pelaku-penambang-liar-di-hutan-sakral-masyarakat-baduy
Gunung Liman di Kabupaten Lebak (Sumber: Dok.Ahmad Bayu Priyatna)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

LEBAK, KOMPAS.TV - Kepala Desa sekitar Baduy mengecam pelaku penambang emas ilegal atau gurandil yang merusak hutan larangan di Gunung Liman, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mereka menyayangkan tindakan gurandil yang telah merusak hutan larangan masyarakat Baduy.

Baca Juga: Polda Banten Tangkap Lima Pelaku Penambangan Ilegal di Gunung Liman

Kepala Desa Kanekes Jaro Saija meminta keterlibatan pemerintah dan pihak lain dalam pembubaran atau penutupan lokasi tambang di Gunung Liman. Terlebih, para pelaku diketahui tidak ada di lokasi, saat masyarakat Baduy datang di tempat tambang.

"Iya, kalau melakukan lagi. Saya menekankan menta (meminta) bantuan pemerintah supaya ditegaskan. Mudah-mudahan sudah tidak melakukan lagi.

Kalau melakukan lagi saya menekankan ke pemerintah tolong dibantu dibubarkan," kata Jaro Saija, Kamis (22/4/2021).

Selain itu, Lembaga Adat Baduy menekankan kepada kepala desa sekitar untuk ikut menjaga Gunung Liman. Meski diketahui, gurandil sudah tidak di lokasi karena melarikan diri. Jika memang ditemukan gurandil mencoba masuk ke lingkungan hutan, maka segera saja dilaporkan.

Turut menyayangkan tindakan gurandil, Kepala Desa Cibarani Dulhani menduga ada sekitar enam orang yang melakukan penambangan. Dan diduga selama melakukan penambangan, mereka bermukim di sekitar lokasi tambang dan sudah sekitar 2 hektar hutan yang sudah dirusak.

"Atu eta mah Gunung Liman, itu kan hutan tutupan titipan ti baris kolot ti leluhur, kan diruksak (Gunung Liman itu hutan titipan dan tertutup dan warisan leluhur, kok dirusak)," kata Dulhani.

Diketahui, Gunung Liman merupakan bentang alam yang selama ini dijaga oleh masyarakat Baduy. Di dalamnya terdapat hutan larangan yang jadi titipan leluhur dan tidak boleh dirusak sedikitpun. Selain itu, Gunung Liman merupakan hulu dari sungai-sungai besar di Banten, seperti Ciujung, Ciliman, Cocarogol dan Cibeureum.

Tak hanya itu, masyarakat juga meminta pemerintah daerah juga kepolisian untuk menindak tegas perbuatan yang merusak kelestarian hutan itu.

Penambangan ilegal di Gunung Liman diketahui aktivitasnya oleh masyarakat setelah beberapa waktu lalu tersebar video secara daring berisi permohonan masyarakat Baduy terhadap keterlibatan pemerintah.

"Kami mohon ke pemerintah, kami diamanatkan oleh leluhur supaya gunung jangan dihancurkan, lembah jangan dirusak, adat jangan diubah. Tapi sekarang terbukti Gunung Liman yang dirusak, minta tolong ke pemerintah," ucap seorang warga Baduy menggunakan bahasa lokal setempat.

Video berdurasi satu menit yang diunggah di akun Instagram, @inforangkasbiitung, ini kemudian viral di media sosial.

Baca Juga: Kampung Adat Baduy Nol Kasus Corona, Ini yang Mereka Lakukan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x