Kompas TV nasional peristiwa

Peringati Hari Bumi, Google Doodle Ingatkan Setiap Orang untuk Menenam Benih

Kompas.tv - 22 April 2021, 13:00 WIB
peringati-hari-bumi-google-doodle-ingatkan-setiap-orang-untuk-menenam-benih
Doodle Google (Sumber: YouTube Google)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika sekarang Anda mengakses Google, Anda akan disapa dengan gambar atau coretan Google yang mengilustrasikan pohon-pohon.

Doodle Hari Bumi itu memperlihatkan seorang anak kecil berkupluk putih menanam satu benih pohon.

Dari satu benih itu kemudian tumbuh satu pohon berikutnya, lalu dari satu itu tumbuh satu lagi. Dan begitu seterusnya, sampai pohonyannya melimpah.

Tapi yang lebih menarik di video berdurasi 40 detik itu adalah banyaknya pepohonan diikuti dengan samakin banyaknya keturunan manusia.

Seolah ingin menunjukkan bahwa keberadaan pohon seiring dengan hidup manusia, bertambahnya pohon akan memperpanjang hidup manusia di bumi. Demikian sebaliknya.

Baca Juga: Aksi Kartini Kendeng Memaknai Hari Kartini dan Hari Bumi

Melansir Kompas.com, Sophie Diano, seniman di balik Google Doodle Hari Bumi itu mengatakan, dirinya terinspirasi oleh cerita mengenai orang-orang yang menanam pohon saat mereka masih sangat muda dan merawatnya sepanjang hidup mereka.

"Doodle Hari Bumi tahunan kali ini menyorotibagaimana setiap orang dapat menanam benih menuju masa depan lebih cerah, satu anak pohon pada satu waktu. Selamat Hari Bumi 2021," tulis Google Doodles pada keterangan animasinya.


Tepat hari ini, 22 April diperingati Earth Day atau yang biasa dikenal dengan Hari Bumi. Tahun ini, tema yang diusung adalah Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita.

Dari laman resmi Earth Day, Hari Bumi mulai diprakarsai pada 1970 saat gerakan lingkungan modern dimulai. Gerakan tersebut menyuarakan kesadaran publik tentang keadaan planet saat itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x